Ecan the British (sumber gambar : ecan_thebritish/ Shopee)

Kisah Kucing British Shorthair yang Sukses Jadi Influencer dari Program Affiliate

22 July 2023   |   07:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Rezeki terkadang datang dengan cara yang tak terduga. Begitulah kisah Ecan, si Kucing British Shorthair. Berawal dari kegemaran sang pemilik berbagi keseruan aktivitas si kucing dan membagikan rekomendasi berbagai produk kucing pilihan yang Ecan gunakan melalui sosial media, kini kedua sukses menjadi pemengaruh.

Kisah ini berawal setelah Ecan bergabung bersama Shopee Affiliate Program sejak tahun lalu. Kini, melalui komisi yang diperoleh lewat konten-konten lucu dan menggemaskan dari akun sosial media @ecan_thebritish, Ecan berhasil memberikan inspirasi kepada banyak anabul lainnya, bahkan membiayai kebutuhannya sendiri.

Baca juga: Tajir Bareng dengan TikTok Affiliate, Memang Bisa?

Pemilik Ecan (nama tidak disebutkan) mengaku tak pernah menyangka, kecintaan dan kegemarannya kepada kucing nyatanya mampu membantu meningkatkan kemampuan finansial keluarga. Apalagi, untuk memelihara anabul dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi dirinya memelihara lebih dari satu kucing.

“Bersyukur sekali karena dari iseng share dan jawab pertanyaan para cat lovers yang ingin tahu produk-produk apa saja yang dipakai Ecan, komisi yang didapatkan malah jadi sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan Ecan dan anabul lainnya, mulai dari makanan, mainan, hingga vaksin dan vitamin,” terangnya.

Semenjak saat itu, dia dan kucing peliharaannya, Ecan makin rutin membagikan konten-konten menarik dan bermanfaat seputar dunia kucing.

Ecan sendiri diadopsi oleh pemilik pada 2019 silam. Sang pemilik sangat ingin memelihara kucing dengan ras British Shorthair untuk menemami dan menambah keseruan rutinitasnya ketika baru saja pindah ke hunian baru.
 

Namun, mencari kucing seperti Ecan masih sulit kala itu di Indonesia, hingga akhirnya pemilik memutuskan untuk mengadopsi Ecan dari peternak di luar negeri. Awalnya dia ditawari 8-9 kucing lain, namun pemilik telah menaruh hatinya kepada Ecan yang memiliki penampilan lucu.

Bahkan dia juga harus sabar menunggu Ecan untuk sampai di Indonesia selama hampir 6 bulan dan melewati masa karantina yang lebih panjang di saat pandemi Covid-19 lalu.

Pada awalnya, tak pernah terpikir oleh sang pemilik untuk membuat akun sosial media khusus bagi Ecan. Segalanya berubah ketika aktivitas menggemaskan Ecan terekam dalam salah satu akun Instagram milik kucing lainnya, dan respons antusias dari para followers pun tak terduga.

Semenjak itu, dia akhirnya memutuskan untuk menciptakan akun sosial media khusus untuk Ecan dan semakin rutin membagikan rekomendasi produk yang digunakan oleh Ecan karena menerima begitu banyak pertanyaan yang datang dari followers yang menyukai kegemasan Ecan.

Konten-konten yang dibuat bersama Ecan selalu menarik dan menghibur, menggambarkan keseharian Ecan bersama pembantu rumah tangga yang merawatnya. Ide-ide konten ini sering kali muncul dari kehidupan sehari-hari Ecan dengan konsep yang sederhana tetapi tetap dibumbui tingkah lucu dan polos dari si kucing.

Usaha yang gigih untuk terus membuat konten dan mengulas produk dengan bentuk yang lucu dan caption yang menghibur ternyata membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Sang pemilik bahkan bisa merenovasi rumah Ecan dan para anabul yang lain dengan biaya yang mencapai lebih dari Rp50 juta untuk bisa membuat konten yang lebih menarik lagi.

“Kami sangat senang ketika mendengar bahwa konten-konten yang banyak disukai para pengikut Ecan, seperti rekomendasi makanan, vitamin kucing, bahkan baju dan aksesoris lucu ternyata mampu membantu para UMKM semakin berkembang,” ucapnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Eksplorasi Bahasa Sunda Kuno dalam Film Mantra Surugana

BERIKUTNYA

Nezar Patria Rilis Buku Sejarah Mati di Kampung Kami, Rekam Peristiwa Kelam Tsunami Aceh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: