Ilustrasi anjing (Sumber gambar: Alvan Nee/Unsplash.com)

4 Tips Merawat Bulu Anjing Agar Sehat dan Tidak Mudah Rontok

26 August 2022   |   17:26 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hari Anjing Internasional diperingati pada 26 Agustus setiap tahunnya. Anjing merupakan salah satu hewan yang cukup memiliki kedekatan khusus dengan manusia. Bahkan hewan peliharaan ini cukup dipilih banyak orang karena dinilai memiliki kesetiaan yang tinggi terhadpa pemiliknya.

Peringatan Hari Anjing internasional diharapkan mampu menekankan kedekatan dan persahabatan manusia dan Anjing dengan cara merawatnya secara bertanggung jawab.

Selain mengingatkan agar manusia memberi perhatian khusus pada anjing, peringatan ini juga menjadi kesempatan bagi pawrents untuk belajar lebih dalam dalam memberi perawatan layak pada hewannya. Salah satunya adalah dengan merawat bulu anjing secara maksimal, mengingat bulu pada beberapa anjing sangat mudah rontok.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Kucing yang Banyak Salah Paham

Rambut rontok pada anjing – juga dikenal sebagai alopecia – adalah kondisi umum dan mudah terdeteksi. Kerontokan rambut bisa muncul di satu tempat atau di seluruh tubuh. Jika Genhype memiliki anjing dengan kondisi ini, kalian mungkin bertanya-tanya mengapa dan apakah perlu mencari perawatan rambut rontok untuk anjing.

Bulu rontok pada anjing disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor internal seperti nutrisi dan pencernaan, hingga faktor eksternal seperti adanya kutu yang menyebabkan anjing suka menggaruk bagian bulu pada kulitnya secara berlebihan.

Hypeabis.id merangkum tips merawat bulu anjing agar tetap sehat dan tidak mudah rontok. Yuk simak!


1. Gunakan minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitan pada bulu anjing ternyata cukup membantu kesehatan kulit dan bulu anjing. Minyak zaitun mengandung asam lemak yang membantu peradangan pada kulit dan kerontokan bulu hewan. Bahan sederhana ini mampu merawat kulit dan tekstur bulu pada anjing agar tetap ternutrisi dari luar.


2. Vitamin

Selain merawat kesehatan kulit anjing dari luar, ada baiknya Genhype mencampurkan vitamin kesehatan khusus untuk kulit ke dalam makanan anjing. Perlu diingat, gunakan vitamin secukupnya saja dan jangan berlebihanagar anjing tidak menemui masalah pencernaan.


3.  Perhatikan jenis sisir yang digunakan

Jangan asal menggunakan sisir, gunakan sisir penyikat bulu khusus hewan untuk anjing agar tak mudah rontok. Sebaiknya gunakan sisir dengan bentuk slicker brush. Jangan lupa juga untuk melakukan penyisiran bulu secara teratur dan terjadwal.


4. Jangan memandikan anjing terlalu sering

Memelihara anjing memang cukup tricky, Pawrents harus memperhatikan waktu mandi anjing dengan baik. Anjing tak boleh terlalu sering dimandikan, namun tak boleh juga terlalu lama tidak dimandikan. Tidak memandikan anjing dalam waktu lama akan membuat bulunya kusut dan kusam, sementara terlalu sering memandikannya akan menyebabkan kulit anjing menjadi kering dan mudah mengalami rontok bulu.


6. Perhatikan kandungan makanan

Siapa sangka jika pemilihan menu makanan untuk anjing akan berdampak besar terhadap kesehatan kulit dan bulunya. Makanan yang sulit dicerna akan menyebabkan anjing surit menyerap gizi. Hal ini bisa menyebabkan anjing kekurangan nutrisi untuk tubuhnya tak tekecuali bagian kulit dan bulu. Jangan lupa untuk menambahkan jenis makanan dengan protein tinggi untuk kesehatan hewan peliharaanmu.

Genhype, itulah lima tips merawat bulu anjing agar tidak mudah rontok. Selamat Hari Anjing Internasional!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Art Jakarta 2022 Digelar, Begini Cara Beli Tiket & Tata Tertibnya

BERIKUTNYA

Setor dan Tarik Tunai Rupiah Baru di ATM, Apa Sudah Bisa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: