Penggunaan batu alam dapat memberikan kesan mewah, elegan, dan minimalis (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Jack Sparrow)

Inspirasi Ide Dekorasi Batu Alam untuk Interior Rumah, Ciptakan Suasana Tenang & Alami

28 July 2023   |   06:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kesan atau nuansa alam kerap menjadi desain yang ingin ditampilkan banyak orang untuk huniannya.Alasannya karena suasana yang demikian punya banyak manfaat, misalnya menciptakan ketenangan sehingga dapat menurunkan stress. Pada akhirnya, hal itu bisa membuat penghuninya beristirahat dengan maksimal. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan kondisi tersebut adalah dengan memanfaatkan batu-batu alam, baik pada interior maupun eksterior rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan jika ingin mengaplikasikannya. 

Baca juga: Desainer Interior Sebut Warna-warna Solid & Berani Bakal Jadi Tren pada 2024

Misalnya, setiap batu punya karakteristik yang unik sehingga harus dilihat dengan jeli agar penempatannya mampu memberikan manfaat yang maksimal. Tidak hanya itu, pengerjaan pemasangan batu alam untuk interior dan eksterior rumah juga memerlukan keterampilan, kehati-hatian, dan kejelian yang tinggi. Dengan begitu, maka biaya pemasangannya juga akan membuat kalian merogoh kantong lebih dalam. 

Batu alam kerap diaplikasikan pada bagian tertentu saja di dinding sebuah ruangan dan dipadukan dengan dinding biasa. Namun, penggunaannya tidak menutup kemungkinan akan diaplikasikan ke seluruh bagian dinding untuk jenis batu tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ide penggunaan batu alam untuk desain interior rumah versi hypeabis.id
 

1. Ruang Keluarga

Ruang keluarga menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak orang lantaran di tempat ini, berbagai aktivitas kerap dilakukan bersama. Mereka kerap berbincang, menonton televisi, atau aktivitas lainnya. Kumpul bersama orang-orang yang dikasihi dalam satu ruang kian hangat ketika batu-batu alam hadir di dinding-dinding rumah.

Genhype dapat menggunakan batu sandstone. Tersedia dengan berbagai macam warna, kalian dapat memilih warna yang sesuai dengan yang diinginkan. Cokelat dan putih mungkin bisa menjadi pilihan untuk memberikan kehangatan dan kesederhanaan, terlebih rumah yang ditinggali memiliki konsep minimalis. 

Tekstur pada batu yang seperti pasir akan memberikan nuansa alam atau natural bagi pemilik rumah ketika berada di ruang keluarga. Selain dapat diaplikasikan di dinding, jenis batu alam ini juga dapat dipasang di lantai. 
 

2. Ruang Tamu

Ruang lainnya yang dapat didesain dengan menggunakan batu alam adalah ruang tamu. Ruang yang satu ini menjadi tempat bagi pemilik rumah untuk menyambut tamu-tamu yang hadir. Selain itu, tidak jarang juga, bagian rumah yang satu ini menjadi tempat untuk melakukan sejumlah kegiatan.

Penggunaan batu alam di ruang tamu dapat membuat aktivitas berbincang bersama dengan tamu yang datang menjadi lebih santai. Kemudian, bagian ini juga dapat memberikan gambaran tentang pemilik rumah terhadap orang yang datang.

Ada berbagai macam batu alam yang dapat diterapkan di ruang tamu. Namun, Genhype bisa mencoba menggunakan batu alam granit. Batu yang memiliki tekstur yang terbentuk dari alam itu akan memberikan kesan elegan, mewah, dan tentu saja cantik.

Batu alam granit dapat diaplikasikan untuk dinding dan lantai di ruang tamu. Warna yang digunakan juga dapat menyesuaikan dengan furnitur yang ada di dalamnya.

Baca juga: 5 Tip Desain Interior Supaya Ruangan Terlihat Lebih Gaya dan Elegan
1
2


SEBELUMNYA

20 Juta Produk UMKM Siap Go Global

BERIKUTNYA

Resmi Diumumkan, Cek 5 Fitur Terbaru Smartphone Samsung Galaxy Z Flip5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: