Semakin betah tinggal di rumah dengan tips desain interior ini (Sumber: Freepik/benzoik)

5 Tip Desain Interior Supaya Ruangan Terlihat Lebih Gaya dan Elegan

19 July 2023   |   18:30 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Salah satu tujuan banyak orang dalam mendekorasi ruangan adalah untuk memiliki tempat yang nyaman dan memanjakan mata. Oleh karena itu, desain interior yang baik, stylish, dan elegan menjadi penting. Namun, melakukan desain interior mungkin bukanlah hal yang mudah untuk setiap orang. 

Memilih warna yang cocok dari sekian banyak rana utama dan turunannya, memilah pernak-pernik mana yang akan dipajang di sudut ruangan apa, konfigurasi tata letak perabot utama, hingga pencahayaan alami dan buatan. Urusan tersebut bisa jadi hal yang menguras energi hingga waktu. Jika kalian bingung harus mulai dari mana, yuk simak beberapa tip desain interior berikut ini. 

Baca juga: 5 Negara yang Mempengaruhi Desain Interior Indonesia


1. Buatlah Color Palette 

Menentukan color pallete sebagai langkah awal dalam desain interior

Menentukan color palette sebagai langkah awal dalam desain interior (Sumber: Freepik/senivpetro)

Pastikan kamu menentukan color palette berdasarkan kepribadian yang ingin dipancarkan di dalam ruangan. Selain itu, pertimbangkan juga jenis-jenis warna yang mampu memaksimalkan aspek elegan atau aspek lainnya yang ingin ditonjolkan.

Misalnya, warna biru, abu-abu, dan putih adalah gabungan yang tepat untuk membuat ruangan tampak lebih elegan dan luas. 
Suasana di dalam ruangan akan banyak dipengaruhi oleh warna di dalam color palette. Jadi, membuat color palette adalah langkah awal yang penting dalam desain interior. 
 

2. Tambahkan Pencahayaan 

Tambahkan lampu gantung atau lampu dinding di ruangan

Tambahkan lampu gantung atau lampu dinding di ruangan (Sumber: Freepik/Freepik)

Gantungan lampu di ruang tamu atau glam light akan menambah kesan elegan yang kuat. Kemudian untuk di ruang tidur, tambahkan lampu dinding atau lampu meja di setiap sisi tempat tidur. Tak hanya membuat kamar tampak elegan, ruangan akan tetap bercahaya remang-remang di tengah kegelapan dan tampak modern. 


3. Desain secara Vertikal 

Pilihlah unsur vertikal daripada horizontal (Sumber: Freepik/Freepik)

Pilihlah unsur vertikal daripada horizontal (Sumber: Freepik/Freepik)

Membuat desain interior dengan menguatkan unsur vertikal akan membuat ruangan tampak lebih besar dan stylish. Jadi, hindari penggunaan aspek horizontal, terutama di dalam ruang tamu. Selain itu, tambahkan skala dalam ruangan sehingga terlihat lebih tinggi. Penggunaan skala dalam desain interior berguna untuk menciptakan hirarki visual pada berbagai elemen yang ada di dalam ruangan. 


4. Bantal untuk Gaya & Kenyamanan

Bantal untuk meningkatkan tampilan dan kenyamanan ruangan (Sumber: Freepik/mrsiraphol)

Bantal untuk meningkatkan tampilan dan kenyamanan ruangan (Sumber: Freepik/mrsiraphol)

Jangan lupa untuk menambahkan bantal yang nyaman di atas sofa atau tempat tidur. Selain meningkatkan kenyamanan, bantal juga bisa membuat tampilan ruangan menjadi lebih mahal dengan berlapiskan style yang dipilih. Dalam memilih bantal, lakukan mix & match yang sesuai dengan kesan elegan maupun style ruangan.


5. Menggunakan Aksesori

Tambahkan aksesoris untuk mempercantik ruangan (Sumber: Freepik/Freepik)

Tambahkan aksesoris untuk mempercantik ruangan (Sumber: Freepik/Freepik)

Penggunaan aksesori tentunya mampu meningkatkan tampilan desain interior, seperti halnya dalam fashion. Beberapa tambahan aksesoris yang bisa digunakan adalah tumpukan buku, meja konsol, hiasan dinding, hingga vas bunga. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan aksesoris secara berlebihan dan berantakan untuk menjaga tampilan elegan. 

Mendekorasi ruangan adalah hal yang menyenangkan, terlebih lagi jika kita mengetahui tips untuk melakukannya dengan lebih maksimal. Beberapa tips di atas bisa menjadi panduan dasar untuk kemudian bisa dilanjutkan dengan eksplorasi sesuai preferensi kalian. 

Baca juga: 5 Tip Hadirkan Shabby Chic, Interior untuk Ruang Tamu yang Cozy

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Kue Apem Gula Merah, Camilan Khas Tahun Baru Islam

BERIKUTNYA

Bebas Visa ke 192 Negara, Paspor Singapura Jadi yang Terkuat di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: