Smart Illumination memberi kenyamanan di tiap ruang rumah (Philips Hue Smart Light)

Sistem Rumah Pintar Jadi Andalan Hunian Masa Depan

04 May 2021   |   17:22 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sekarang ini, kehidupan kita semakin bergantung dengan bantuan teknologi. Sistem otomatisasi yang menciptakan smart home atau rumah pintar menjadi sebuah tren yang populer dan akan menjadi aspek penting dalam kehidupan kita.

Teknologi rumah pintar diciptakan untuk menyediakan operasi otomatis dan terkoordinasi dari semua sistem pendukung kehidupan hingga keselamatan.

Sistem ini mengenali perubahan di luar dan di dalam, menanggapinya dengan tepat karena perintah pengguna atau secara independen.

Arsitek dan desainer interior Revano Satria menuturkan bahwa smart home pada dasarnya bukan konsep namun mengacu pada aplikasi teknologi terbaru dalam desain interior bangunan.

"Otomatisasi pada bangunan ini tentu besar pengaruhnya untuk efektivitas dalam pengaturan energi, pencahayaan, pendingin ruangan multimedia, dan lain lain," ujarnya belum lama ini.

Sama seperti desain 'Frankfurt Kitchen' yang dirancang oleh Margarete Schütte-Lihotzky pada 1926 sebagai ikon dalam arsitektur rumah tangga atau bean bag yang dibuat oleh Gatti, Paolini, dan Teodoro pada 1968 yang merupakan pencapaian penting dalam sejarah perabotan. Rumah pintar adalah tonggak dalam kemampuan manusia untuk berinteraksi dan mengontrol ruang tempat kita tinggal.

Dilansir melalui Thinkly, rumah pintar adalah tren besar potensial, seperti internet, mobil, dan bola lampu dulu dan sistem akan mengubah industri desain interior.

Rumah pintar tidak lagi hanya sekadar untuk menyalakan musik atau menyalakan lampu LED dari jarak jauh Anda.

Saat ini, sistem rumah pintar dapat mempelajari kebiasaan dan rutinitas penghuni dan menggunakannya untuk menghemat energi di rumah, meningkatkan kualitas hidup penghuni, dan membuat rumah lebih efisien.

Perangkat pintar juga bisa menjadi komponen gaya hidup penghuni. Dengan demikian, teknologi akan menjadi aspek yang esensial bagi kehidupan di masa depan.

Fitur utama dari teknologi ini adalah integrasi masing-masing subsistem dan perangkat menjadi satu kompleks yang dikendalikan oleh otomatisasi.

Saat ini teknologi rumah pintar menarik perhatian banyak orang yang menghargai kenyamanan dan solusi teknis modern.

Namun, perlu dicatat bahwa penataan rumah pintar adalah langkah serius dan hasil akhirnya tergantung pada seberapa baik persiapan untuk pemilihan, pemasangan, dan penyelarasan seluruh sistem.

Dilansir melalui Interior East, rumah pintar tidak dapat dirancang sebagai sistem yang berdiri sendiri.

Setiap interaksi pada sistem perlu dirancang dengan seksama, misalnya sistem kontrol untuk gedung, sistem darurat serta sistem pengukuran sumber daya dan lain lain.

Namun, menurut Revano hal ini tidak menutup kemungkinan sistem ini dapat diaplikasikan pada bangunan lama yang ingin mencapai efisiensi energi serta peningkatan nilai fungsi. 

Saat ini di Indonesia sudah banyak beredar pula berbagai peralatan rumah tangga yang mendukung sistem rumah pintar  mulai dari sensor pencahayaan, bohlam pintar, tirai pintar hingga sistem keamanan yang dapat dikendalikan dari telepon pintar.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Generasi Muda Perlu Tahu Gaya Hidup Sustainable itu Penting

BERIKUTNYA

Supaya Enggak Bosan, Coba 5 Tips Belajar Memasak Biar Jadi Asyik!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: