Feng shui adalah cara yang relatif sederhana untuk meningkatkan energi positif di rumah. (Photo by Collov Home Design on Unsplash)

7 Cara Asyik Terapkan Fengsui di Rumah

10 May 2021   |   17:47 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Iya kalian memang lagi ngebet pengin desain rumah ala-ala industrial, scandinavian, mininalis, shabby chic, dan lainnya. Namun perlu dipertimbangkan juga energi-energi  yang berada di dalam rumah, karena hal ini enggak terlihat tetapi bisa dirasakan.

Soal olah energi pada hunian kita bisa belajar dari tradisi masyarkat China, lewat ilmu fengsui. Ilmu tofografi ini adalah praktik kuno dari China yang memetakan keseimbangan energi, atau chi, melalui kalkulasi ilmiah. Tujuan dari feng shui adalah mengundang chi positif ke dalam rumah sehingga hidup terasa berenergi dan seimbang.

Apakah susah mempraktikkannya? Hypeabis punya panduan sederhana yang bisa kalian coba. 

1. Tentukan posisi komando
Dalam fengsui, salah satu prinsip terpenting adalah posisi komando. Pada dasarnya, ini adalah posisi beberapa perabot penting seperti tempat tidur (mewakili Anda), meja (mewakili karier Anda), dan kompor (mewakili kekayaan Anda). Sebagai salah satu aturan dasar, pintu serta alur orang keluar dan masuk sebaiknya tidak terhalang oleh perabotan sehingga Anda dapat menerima energi positif yang optimal.. 

2. Unsur vertikal
Mengintegrasikan beberapa bentuk dan garis vertikal di rumah Anda, dapat mewakili pertumbuhan dan ekspansi. Tambahkan beberapa pencahayaan di mana cahaya mengarah ke atas atau pohon di sudut ruangan, rak buku dan rak sepatu yang dapat memberikan kesan ruang lebih tinggi.

3. Jaga kebersihan
Pada fengsui, tempat yang berantakan diyakini memakan ruang berharga yang dibutuhkan energi baru yang masuk. Mulailah biasakan membersihkan ruang kerja setiap hari. Tidak hanya akan membuat stres Anda berkurang, tetapi juga akan menciptakan rasa keteraturan di tengah kekacauan.

4. Atur tata ruang di jalur masuk
Dalam feng shui, pintu masuk mewakili cara energi memasuki rumah dan kehidupan Anda. Singkirkan tumpukan barang ke tempat penyimpanan dengan rapi.

Lalu bersihkan area selasar dan kurangi perabot yang tidak perlu. Jika Anda punya ruang, tambahkan beberapa tanaman dan karya seni. Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk membuat area tersebut terasa mengundang.

5. Singkirkan penghalang
Pikirkan tentang bagaimana Anda bergerak di dalam rumah. Jika jalan Anda terhalang, mungkin sebaiknya lakukan pengaturan ruang. Efisiensi adalah segalanya dalam feng shui, jadi penting untuk menghilangkan rintangan dari jalur Anda.

6. Tambahkan tanaman
Tanaman tertentu dapat membantu Anda menemukan chi ideal Anda dan di mana mereka dapat ditempatkan dengan baik. Tanaman mewujudkan energi kehidupan, jadi mereka akan menambah kesegaran dan vitalitas di rumah Anda.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

6 Makanan Sumber Protein Tinggi Buat Turunin Berat Badan

BERIKUTNYA

Turki Buat Terobosan Hotel Berkonsep Child-Friendly

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: