Ilustrasi ruangan khas Jepang. (Satoshi Hirayama dari Pexels)

Membuat Hunian Nyaman dengan Desain Interior Khas Jepang

10 May 2021   |   07:53 WIB

Salah satu inspirasi desain hunian rumah yang menjadi tren belakangan ini adalah hunian khas Jepang, di mana hunian ini memiliki kesan sederhana dan bersih di setiap furnitur maupun tata letaknya.

Desain furnitur khas Jepang juga bisa jadi pilihan dalam menentukan furnitur serta tata letak ruangan dalam hunian yang akan ditinggali Genhype, nih.

Simak lima tip mendesain hunian khas Jepang biar suasana rumah bisa punya keunikan yang menarik, yuk!

1. Fleksibel
 

Ilustrasi ruangan khas Jepang. (Pixabay dari Pexels)

Ilustrasi ruangan khas Jepang. (Pixabay dari Pexels)


Umumnya, furnitur Jepang punya karakteristik multifungsi dengan tujuan untuk memaksimalkan suatu ruang. Tidak hanya itu, ruangan di Jepang dapat disesuaikan dengan pintu sekat yang bisa menggabungkan satu ruang dengan ruang lainnya sehingga fungsi ruangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Fungsi ini enggak hanya diaplikasikan pada desain ruangan, tapi juga pada barang-barang di dalamnya. Misalnya, futon atau tempat tidur khas Jepang biasanya dilipat ketika tidak digunakan sehingga fungsi ruangan di waktu siang hari tetap optimal.

2. Bahan alami
 

Ilustrasi dekorasi Jepang (Anton Jansson dari Unsplash)

Ilustrasi dekorasi Jepang (Anton Jansson dari Unsplash)


Interior khas Jepang menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu halus, bambu, kain sutra, hingga kertas. Ada pun tambahan lainnya adalah dengan menggunakan berbagai dekorasi berupa tanaman serta tata letak eksterior yang bisa memaksimalkan kesan alami dalam hunian.

3. Sederhana
 

Ilustrasi kamar di Jepang. (Lucas Calloch dari Unsplash)

Ilustrasi kamar di Jepang. (Lucas Calloch dari Unsplash)


Prinsip ini mengutamakan kesederhanaan dan kerapihan dengan mengurangi suatu elemen sehingga membuat suatu perabotan memiliki manfaat yang optimal. Hal ini sejalan dengan prinsip masyarakat Jepang yang mengutamakan keserdehanaan dalam gaya hidupnya.

Kesan ini memang belum terlihat pada pandangan pertama, tapi ketika diamati perabotan Jepang punya detail yang halus serta kesan yang rapi tanpa hal-hal yang rumit.

4. Warna lembut
 

Ilustrasi interior khas Jepang. (Cloris Ying dari Unsplash)

Ilustrasi interior khas Jepang. (Cloris Ying dari Unsplash)


Bahan-bahan dari alam yang digunakan pada perabotan memberikan kesan lembut yang tidak bergantung pada penggunaan cat atau pewarna kimia. 

Warna-warna lain yang umumnya dijumpai pada perabotan Jepang di antaranya warna-warna netral seperti hitam, putih kusam, abu-abu, dan coklat. Beberapa warna ini memberikan kesan seimbang dengan warna lembut dan terang yang terpancar dari beberapa perabotannya.

6. Pencahayaan alami
 

Ilustrasi ruangan khas Jepang. (Koto Kyoto dari Unsplash)

Ilustrasi ruangan khas Jepang. (Koto Kyoto dari Unsplash)


Tidak hanya dari perabotannya, kesan ruangan khas Jepang juga diperkuat dengan pencahayaan yang mengandalkan sumber cahaya alami seperti matahari atau penggunaan lampu yang didukung dengan bahan alami seperti serat alami dan kertas.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Desain Baru Adidas Stan Smith, Cocok Buat Main Golf?

BERIKUTNYA

M District, Tempat Kongkow Outdoor Baru di Depok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: