Super Mario Bros. Movie menempati posisi pertama (Sumber gambar: thesupermariobros.movie)

Daftar Box Office Semester I/2023, Super Mario Bros. Movie Kokoh di Posisi Puncak

24 July 2023   |   17:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sepanjang semester I/2023 ada banyak pencapaian baru di industri film. Setelah terdampak pandemi Covid-19 dan memasuki tahap pemulihan, tahun ini menjadi ajang bagi para sineas untuk merilis karya terbaiknya. Bahkan, sejumlah judul besar berhasil mencatatkan kinerja yang apik.

Dirangkum dari Box Office Mojo, sejumlah film populer seperti The Super Mario Bros. Movie, Guardians of the Galaxy Vol. 3, Fast X, Spider-Man: Across the Spider-Verse, dan sebagainya meramaikan bioskop dunia sepanjang tahun ini.

Baca juga: 9 Film Indonesia yang Siap Tayang Agustus 2023 di Bioskop

Ceritanya yang seru, lucu, sekaligus menengangkan membuat banyak pencinta film di dunia berbondong-bondong menyaksikannya di bioskop sehingga membuat film–film tersebut berhasil mencetak ratusan juta dolar Amerika Serikat.

Fenomena tersebut kian mengerek industri perfilman ke puncak pencapaian terbaiknya. Dirangkum dari Box Office Mojo, berikut 10 karya box office yang dirilis pada semester pertama 2023 dari posisi nomor sepuluh sampai dengan satu.


10. Elemental: Forces of Nature

Elemental: Forces of Nature adalah film yang dalam daftar Box Office Mojo berada di urutan 10 dengan pendapatan di seluruh dunia mencapai US$356,63 juta. Dari total itu, sebanyak US$137,23 berasal dari pasar domestik dan US$219,4 juta dari pasar internasional.

Elemental bercerita tentang kehidupan elemen-elemen yang ada di dunia, yakni api, air, udara, dan tanah dengan latar cerita di Element City dengan karakter utama Ember dan Wade yang masing-masing adalah elemen api dan air.

Dalam catatan Box Office Mojo, Elemental: Forces of Nature masih menjadi pilihan bagi para pencinta film di pasar domestik Amerika. Pada akhir pekan yang berlangsung dari 21 hingga 23 Juli 2023, dia berada di urutan tujuh dengan raihan US$5,8 juta.


9.  Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One

Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One berhasil menempati posisi sembilan dalam daftar box office 2023. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini memiliki perkiraan pendapatan kotor sebesar US$370,85 juta di seluruh dunia.

Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One bercerita tentang Ethan Hunt yang harus berhadapan dengan musuh berupa kecerdasan buatan. Dia berusaha mencoba untuk menghentikan musuhnya yang pada saat bersamaan juga mengendalikan musuh lainnya yang berupa manusia.

Film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Christopher McQuarrie itu berhasil menempati peringkat pertama di pasar domestik Amerika sejak dirilisnya. Namun, harus tergeser pada hari kesembilan sampai dengan hari ke-12.


8. John Wick: Chapter 4

Di posisi delapan box office 2023 ada film John Wick: Chapter 4 dengan perkiraan pendapatan kotor sebesar US$426,98 juta dari seluruh dunia. Pasar internasional menjadi pemberi kontribusi terbesar dengan 56,2 persen.

John Wick : Chapter 4 bercerita tentang perjuangan John Wick untuk mengalahkan High Table dan terlepas dari kejaran mereka. Dalam prosesnya, dia harus berhadapan dengan kawannya dan juga dibantu oleh teman-temannya yang setia.

Meskipun sudah diputar di beberapa negara, film ini baru akan diputar di Jepang pada 22 September 2023. Tidak hanya itu, di Negeri Sakura itu juga karya yang dibintangi oleh Keanu Reeves memiliki judul yang berbeda, yakni John Wick: Consequnces.


7. Transformers: Rise of the Beasts

Film lainnya yang berada di urutan tujuh dalam daftar box office semester pertama tahun ini adalah Transformers: Rise of the Beasts. Karya yang dirilis di pasar domestik Amerika Utara pada 9 Juni 2023 itu berhasil meraih US$427,14 juta di seluruh dunia.

Transformers: Rise of the Beasts bercerita tentang robot lainnya berbentuk hewan yang kerap disebut dengan Maximals bergabung bersama dengan Autobots guna melawan musuh yang hendak menguasai bumi.

Di akhir cerita, para penggemar akan mendapati agen G.I. Joe. Kondisi ini membuat banyak pihak bertanya-tanya. Namun, Sutradara Steven Caple Jr. menyebutkan bahwa dirinya memiliki ide tentang menyilangkan cerita antara G.I. Joe dan Transformers.


6. Ant-Man and the Wasp: Quantumania

Ant-Man and the Wasp: Quantumania menjadi film dengan urutan keenam dalam daftar box office 2023 pada semester pertama tahun ini. Karya yang dibintangi oleh Paul Rudd sebagai Scott Lang itu berhasil memperoleh perkiraan penghasilan kotor dari seluruh dunia sebesar US$476,07 juta.

Karya yang mendapatkan arahan dari Peyton Reed itu bercerita tentang keluarga Lang yang pergi ke alam Quantum yang belum pernah dimasukinya. Di sana mereka bertemu dengan Kang Sang Penakluk yang terjebak di dalamnya.

Baca juga: Review Film Elemental: Force of Nature, Lebih dari Sekadar Romansa Api & Air

Terkait film itu, Marvel Studios juga membuat karya dokumenter berjudul Assembled The Making of Ant-Man and The Wasp: Quantumania. Melalui karya ini, para pencinta dapat melihat proses latar layar bersama para pemeran dan tim kreatif yang menghidupkan film tersebut. 

Film itu menggabungkan rekaman imersif dengan wawancara jujur dan mengungkapkan bagaimana dunia baru yang luar biasa, dihidupkan di layar lebar.
 
1
2


SEBELUMNYA

Elon Musk Siap Rebranding Twitter, Ini Makna Logo X & Fitur-fiturnya

BERIKUTNYA

Profil Gigi Hadid, Supermodel Langganan Merek Mode Mewah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: