Licorice Pizza. (Dok. MGM)

Licorice Pizza Pecahkan Rekor Box Office Masa Pandemi

30 November 2021   |   13:40 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Film terbaru Paul Thomas Anderson, Licorice Pizza memecahkan rekor box-office pandemi di akhir pekan pembukaannya, bahkan dengan pemutaran terbatas, yang ditayangkan di empat bioskop di Amerika Serikat, yakni dua bioskop di Los Angeles dan dua bioskop di New York.

Film ini berhasil mengalahkan banyak film berprofil tinggi seperti film animasi terbaru Disney, Encanto, dan House of Gucci yang dirilis pada akhir pekan Thanksgiving. Licorice Pizza akan ditayangkan secara luas pada Natal 2021.

Film coming of age ini dibintangi oleh Cooper Hoffman (putra mendiang Phillip Seymour Hoffman), Alana Haim, Sean Penn, Bradley Cooper, Nick Nolte, Maya Rudolph, dan Tom Waits. 

Licorice Pizza telah menerima ulasan cemerlang dari para kritikus, dengan peringkat saat ini sebesar 91 persen di Rotten Tomatoes berdasarkan 79 ulasan.

Di samping itu, ini adalah film pertama Anderson setelah empat tahun yang lalu dia merilis Phantom Thread (2017). Antisipasi dari berbagai pihak begitu tinggi untuk karya Anderson, dia sejajar dengan sutradara terkemuka lainnya seperti James Gunn, Christopher Nolan atau Wes Anderson.

Menurut Variety, Licorice Pizza menghasilkan total US$335.000 selama tiga hari pertama dan US$83.852 per lokasi pemutaran, lebih banyak daripada film dengan penayangan khusus lainnya dalam hampir dua tahun terakhir. 

Rekor ini mengalahkan capaian yang sebelumnya dibuat oleh C'mon C'mon, produksi A24, yang mencetak US$135.447 dengan penayangan di lima layar — rata-rata US$26.889 per lokasi. 

Licorice Pizza terbukti sangat sukses dengan penonton yang lebih muda karena 72 persen  penonton berusia antara 18 dan 34 tahun dengan 66 persen adalah pria.

Hingga saat ini, film terlaris Anderson adalah There Will Be Blood, yang meraup US$40 juta di dalam negeri, dan ulasan positif dari mulut ke mulut dan materi yang menarik, Licorice Pizza bisa tampil dengan baik. 

Rekor yang dipecahkan Licorice Pizza sebelumnya juga dipegang oleh The French Dispatch karya Wes Anderson, yang saat ini telah meraup US$33 juta di seluruh dunia.

Rekor ini meningkatkan potensi Licorice Pizza sebagai calon terdepan di Academy Award yang kemungkinan akan membantu meningkatkan capaian box officenya dalam beberapa bulan mendatang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis

BERIKUTNYA

Bukan karena Ada yang Kangen, Ini 8 Penyebab Bulu Mata Rontok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: