Logo Twitter (Sumber Foto: Freepik)

Elon Musk Siap Rebranding Twitter, Ini Makna Logo X & Fitur-fiturnya

24 July 2023   |   16:47 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Platform media sosial, Twitter mengumumkan akan melakukan rebranding dengan mengganti logo ikoniknya burung biru menjadi X. Seperti yang diketahui, sudah lebih dari 10 tahun lamanya Twitter menggunakan logo burung biru. Melalui akun Twitter-nya, Elon Musk menyampaikan penggantian logo tersebut.

"Dan segera kami akan mengucapkan adieu (selamat tinggal) pada merek Twitter dan, secara bertahap kepada semua burung," cuit Musk melalui akunnya, Senin (24/7/2023).

Sehari sebelumnya, Musk juga bertanya pada jutaan pengikutnya apakah mereka setuju dengan perubahan skema warna dari biru menjadi hitam pada halaman situsnya. Bersamaan dengan tweet tersebut dia memposting gambar X dengan latar belakang hitam di luar angkasa.

Baca juga: Perubahan Logo Twitter dari Masa ke Masa, Sempat Hijau, Berubah Biru, kini Hitam Putih

Mengutip dari The Verge, Transisi burung biru ke X akan menjadi langkah terbesarnya Musk sejak dia membeli Twitter seharga 44 miliar dollar AS tahun lalu. Nama X sendiri bukan hal baru dalam perjalanan bisnis Musk dalam dua dekade terakhir.

Huruf ini berulangkali dipakai untuk sejumlah perusahaan Musk, termasuk perusahaan kecerdasan buatan terbarunya, X.AI.  X juga ada pada nama perusahaan antariksa SpaceX dan ada pada Tesla SUV. Musk pernah berencana ingin mengubah Twitter menjadi 'X, aplikasi segalanya'.

Akhirnya mewujudkan keinginannya tersebut dengan domain X.com yang dia beli kembali dari Paypal pada 2017. Dengan begitu rebranding ini membuat pengguna dapat membuka laman Twitter menggunakan domain www.X.com. Sehingga X.com sekarang dialihkan ke website Twitter. Musk mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan inovasi untuk membawa Twitter ke arah baru yang bisa menarik banyak pengiklan.

Di samping itu, Twitter yang akan berganti menjadi X juga disebut-sebut akan memiliki fitur lebih luas dan tak terbatas. Berdasarkan kicauannya, CEO Twitter Linda Yaccarino menjelaskan bahwa layanan X akan mencakup banyak hal, mulai dari pesan, audio, hingga perbankan. Selain itu, yang membuatnya lebih unggul adalah dukungan dari kecerdasan buatan (AI).

Jika sebelumnya Twitter hanya merupakan sebuah wadah untuk membagikan pikiran pengguna di media sosial, platform tersebut kini bertransformasi dengan penambahan fitur-fitur baru yang revolusioner. Twitter berencana untuk menyediakan fasilitas perbankan hingga menjadi pasar global yang lebih luas.

Konsep yang diusung oleh Twitter untuk menghadirkan perubahan ini terilhami dari lambang X yang mereka gunakan. X dalam konteks ini melambangkan keadaan masa depan, mirip dengan fungsinya dalam aritmatika sebagai variabel bebas atau prediktor, serta sebagai penjelas perubahan yang akan terjadi.

Dengan penambahan fitur-fitur inovatif, Twitter bertujuan untuk menciptakan pengalaman interaktivitas tanpa batas bagi para pengguna. Fokus utama platform ini akan meliputi audio, video, perpesanan, dan pembayaran/perbankan. Twitter "X" akan menjadi sarana yang kuat untuk menciptakan pasar global yang menghubungkan ide, barang, layanan, dan peluang dari seluruh dunia.

"X adalah keadaan masa depan dari interaktivitas tanpa batas yang berpusat pada audio, video, perpesanan, pembayaran atau perbankan untuk menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang," kicaunya pada Minggu (23/7/2023). Didukung oleh AI, X akan menghubungkan semua dengan cara yang baru kita bayangkan, tambahnya.

Perubahan ini juga tidak datang begitu saja, Musk dan pihak Twitter telah menyiapkan rencana ini selama delapan tahun lamanya. Fitur-fiturnya pun sudah mulai dirilis sedikit demi sedikit dalam rentang delapan bulan terakhir, inovasi ini pun akan terus berlanjut kedepannya.

"Selama bertahun-tahun, penggemar dan kritikus telah mendorong Twitter untuk bermimpi lebih besar, berinovasi lebih cepat, dan memenuhi potensi besar kami, X akan melakukan itu dan lebih banyak lagi, " kata Linda. 

Lebih lanjut Linda menegaskan bahwa X akan menjadi platform yang bisa memberikan segalanya kepada penggunanya tanpa adanya batasan. Sementara itu, belum diketahui kapan logoTwitter resmi berganti menjadi X.

Baca juga: Fakta-fakta Perubahan Logo Twitter oleh Elon Musk, Bukan yang Pertama Gunakan X

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cerita & Harapan di Balik Pertunjukan Chocolate Factory The Musical

BERIKUTNYA

Daftar Box Office Semester I/2023, Super Mario Bros. Movie Kokoh di Posisi Puncak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: