Ilustrasi gaya hidup tidak sehat (Sumber gambar: Freepik)

7 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Tanpa Disadari Dapat Merusak Organ Tubuh

23 July 2023   |   14:45 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, ada beberapa hal yang sering dilakukan sehari-hari ternyata memiliki efek buruk pada tubuh. Kebiasaan sederhana seperti begadang, rupanya punya dampak yang signifikan bagi kesehatan manusia. Namun, begadang hanya satu dari banyak kebiasaan buruk lain.

Namun, sampai saat ini kebiasaan-kebiasaan buruk itu masih dianggap normal dan dilakukan banyak orang. Hal ini tentu jadi semacam bom waktu yang akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Muncul Bulu Hijau seperti Lumut di Lidah Pria, Kebiasaan Buruk ini Jadi Penyebabnya

Sebelum terlambat, ada baiknya kita mulai meninggalkan beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang salah tersebut. Sebab, aktivitas seperti itu tanpa disadari membuat kesehatan kita terus menurun setiap saat.

Hypeabis.id telah merangkum beberapa kebiasaan sehari-hari yang masih dilakukan banyak orang dan berpotensi merusak organ tubuh. Yuk Simak ulasan di bawah ini.


1. Begadang

Keseringan begadang bukan hanya membuat tubuh terasa lemas pada pagi hari. Namun, kebiasaan buruk ini juga jadi salah satu pemicu penyakit hipertensi. Dokter Spesialis Jantung RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Bambang WIdyantoro membenarkan hal tersebut.

Bambang mengatakan bahwa begadang adalah kebiasaan yang perlu dihindari. Sebab, kebiasaan tersebut membuat waktu tidur seseorang jadi berkurang. Pola tidur pun biasanya akan berubah. Padahal, secara fisiologis, tidur ini punya kaitan erat dengan tekanan darah.

Pola tidur yang tidak teratur atau bahkan kurang akan membuat tekanan darah jadi ikut tidak normal. Hal ini tentu cukup berbahaya bagi kesehatan jantung.

“Jadi, jawabannya kalau kurang tidur itu betul bisa meningkatkan risiko hipertensi bagi tubuh,” ungkapnya dalam media gathering di Jakarta, Selasa (18/7).


2. Konsumsi Gula Berlebih

Hampir semua orang menyukai makanan dan minuman manis. Namun, kebiasaan ini juga punya dampak yang buruk bagi kesehatan. Bagi orang dewasa, mereka bisa berisiko lebih besar terkena penyakit diabetes.

Bagi anak-anak, selain bisa juga terkena penyakit gula, mereka juga jadi punya potensi lebih besar terkena obesitas. Oleh karena itu, ada baiknya konsumsi gula dikurangi sehingga tingkatnya tidak berlebihan.

Melalui Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, Kemenkes telah mengatur konsumsi gula harian per orang hanya 10 persen dari total energi 220 kkal. Konsumsi tersebut setara dengan empat sendok makan per hari atau 50 gram per hari.
 

3. Menahan Lapar

Tidak sedikir orang menyepelekan rasa lapar. Padahal, rasa lapar adalah alarm bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Jika sinyal ini diabaikan, risiko kesehatan tubuh pun mengintai.

Seseorang yang menahan lapar akan membuat tubuhnya jadi lebih mudah lelah dari biasanya. Sistem metabolisme tubuh juga terganggu karena jam makan jadi tidak teratur. Efek lain yang perlu diwaspadai adalah risiko malnutrisi, di mana tubuh jadi kekurangan zat-zat penting.

Oleh karena itu, jangan tunda makan jika sudah lapar. Terlebih pada jam-jam penting seperti pagi hari. Melansir dari Kemenkes, sarapan sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang.
 

4. Menahan Buang Air Kecil

Menunda buang air kecil adalah kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Meski terlihat sepele, hal ini dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Beberapa penyakit yang bisa timbul dari kebiasaan ini adalah pembesaran prostat, kandung kemih neurogenik, hingga gangguan ginjal.

Baca juga: Dampak Buruk Bermain Roleplay, Psikolog Ingatkan Hal Ini

Melansir dari Healthline, jika kandung kemih dalam kondisi sehat, menahan kencing sesekali tidak akan jadi masalah. Namun, jika kandung kemih dalam keadaan tidak sehat, menahan kencing adalah hal buruk bagi kesehatan, terlebih bagi wanita yang sedang hamil.
1
2


SEBELUMNYA

Pameran Bangkit Anak Indonesia Tampilkan Puluhan Karya Seni Ciptaan Seniman Muda Outsider

BERIKUTNYA

Seni Lukis Jadi Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: