Ilustrasi laptop gaming (Sumber gambar: Freepik)

Deretan Laptop Gaming Spek Dewa, Bukan untuk Kaum Mendang-mending

14 July 2023   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, laptop gaming belakangan jadi perangkat yang diminati banyak orang seiring dengan makin masifnya pertumbungan gamer di Indonesia. Dengan memakai laptop gaming, gamers bisa memainkan gim favorit dengan lebih puas berkat grafis dan prosesor yang tinggi.

Namun, laptop gaming bukan hanya tentang spesifikasi tinggi. Laptop jenis ini juga diminati karena hadirnya fitur-fitur eksklusif yang makin memanjakan para gamers. Keunggulan tersebut membuat sebuah laptop gaming berbeda dari yang lainnya.

Baca juga: Hadir di Indonesia, Cek 5 Fitur Unggulan Huawei MatePad Air


Lenovo LOQ

Tampil dengan hitam keabu-abuan yang misterius, Lenovo LOQ hadir sebagai lini laptop seri gaming yang dibekali beragam fitur eksklusif. LOQ muncul sebagai laptop gaming versi penyempurnaan dari seri IdeaPad Gaming. Namun, seri LOQ masih di bawah dari Legion, yang menjadi seri laptop gaming tertinggi dari lenovo.

Product Manager Gaming & Premium Lenovo Indonesia Hendry Lim mengatakan seri LOQ adalah gerbang pembuka bagi para gamers pemula di Indonesia. Terlebih, jumlah gamers juga terus meningkat baik dari sisi jumlah maupun durasi dalam bermain gimnya.

LOQ hadir dengan desain gagah. Tidak hanya soal warna,  rancangan bodi juga tangguh karena sudah berstandar militer MIL-STD 810H6. Laptop ini membawa ukuran layar 15,6 inci WQHD 2560x1440, 100 persen sRGB, dengan refresh rate hingga 165 Hz. Bagian layarnya juga sudah dilindungi Anti-Glare dan teknologi Nvidia G-SYNC.
 

Lenovo LOQ (Sumber gambar: Lenovo)

Lenovo LOQ (Sumber gambar: Lenovo)

Seri laptop ini menyediakan beberapa opsi prosesor yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni CPU Intel Core Generasi ke-13 atau AMD Ryzen 7000 Series. Pada bagian memori, Lenovo LOQ membawa RAM DDR5 hingga 16GB 5600MHz dan mendukung penyimpanan hingga 512GB SSD. Jika kurang, masih memungkinkan untuk diperluas penyimpanannya.

Pada bagian daya, laptop ini memiliki baterai 60Whr dengan ketahanan baterai hingga 6 jam dengan dukungan Super Rapid Charge. Kemudian, ada pula port USB-C yang mendukung pengisian daya 140W untuk menambah portabilitas saat bepergian.

Laptop dengan harga mulai Rp18.499.000 ini juga sudah memiliki keyboard gaming khas Lenovo berukuran penuh dengan fitur numpad, key travel 1,5 mm, teknologi anti-ghosting 100 persen untuk aktuasi cepat dan kontrol presisi, serta lampu latar RGB 4 zona opsional. “Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya fitur Mux Switch, yang mana dapat meningkatkan kinerja sekaligus menurunkan latensi di dalam game,” jelas Hendry.

Selain itu, tersedia pula chip Lenovo LA Ai yang sama dengan seri Lenovo Legion. Ada pula AI Engine plus yang membantu laptop menyesuaikan watt dan kinerja termal secara dinamis serta mengoptimalkan frame rate dalam gim.

Baca juga: Kiat Praktis Mencegah Laptop Cepat Overheat saat Bermain Gim


TUF Gaming A16 Advantage Edition

ASUS juga belum lama ini meluncurkan seri TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617). ASUS Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin mengatakan bahwa TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA 617) memiliki performa yang andal, tetapi juga punya efisiensi daya tahan yang baik.
 

(Sumber gambar: Asus)

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) (Sumber gambar: Asus)

Laptop ini ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 7 7735HS dan GPU AMD Radeon RX7600S. Keduanya merupakan CPU dan GPU generasi terkini yang diklaim membawa performa lebih powerful.

AMD Ryzen 7 7735HS menggunakan arsitektur Zen 3+ dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread sehingga dapat dipacu hingga 4,75GHz. Adapun Radeon RX7600S menggunakan arsitektur RDNA 3.0 terbaru dengan VRAM sebesar 8GB serta Mux Switch.

Laptop ini juga sudah dibekali sistem pendingin berupa dua kipas Arc Flow hingga lima heatpipe berbahan tembaga. Dengan paduan komponen tersebut, laptop ini memiliki thermal coverage sebesar 45 persen. 

Tidak hanya tangguh di bagian prosesor, laptop dengan harga mulai Rp20.299.000 ini juga sudah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS, yakni MIL-STD-810 H. Baterainya juga sudah berkapasitas 90 WHr dengan ketahanan mencapai 14,4 jam tanpa terhubung ke sumber listrik.


Dell G15

Kemudian, Dell juga mengeluarkan laptop gaming mereka dengan seri G15. Laptop ini memiliki beberapa opsi prosesor, operating system, hingga video card yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Untuk prosesor, laptop ini memiliki dua opsi, yakni Intel Core i5-12500 H dan Intel Core i&-12700H yang sudah sama-sama generasi ke-12.

Prosesor tersebut membuat laptop ini diklaim memiliki performa yang kuat dan konsisten. Di sisi lain, terdapat sistem pendingin yang sudah tertanam di dalamnya sehingga membuat laptop tetap dalam keadaan optimal.

Grafisnya sudah memakai NVIDIA GeForce RTX 360 dengan warna cerah dari panel layar Full HD hingga 165Hz 300 nits. Adanya memori 6GB GDDR6 membuat waktu pemuatan gambar lebih cepat dan sistem lebih senyap.

Laptop ini juga sudah dibekali Game Shift Technology. Dengan gerakan satu tombol FN+F9, laptop akan menampilkan mode performa dinamis yang akan memaksimalkan kipas sehingga sistem berjalan lebih baik saat prosesor harus bekerja keras.

Dengan Alienware Command Center di Dell G Series, laptop dengan harga mulai Rp16 jutaan ini juga tidak hanya dapat menyesuaikan perangkat keras untuk setiap permainan yang dimainkan, tetapi juga dapat mempersonalisasi ruang dan pengaturan.

Baca juga: Tren Perilaku Gamers 2023, Udah Enggak Zaman Main di Satu Platform

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Game Psikologi Horor Terpopuler Buatan Emika Games

BERIKUTNYA

Tingkatkan Skill Bahasa Inggrismu dengan Membaca Buku

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: