Kebiasaan membaca buku memiliki segudang manfaat (Sumber: Jcomp on Freepik)

Tingkatkan Skill Bahasa Inggrismu dengan Membaca Buku

14 July 2023   |   20:30 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

It Ends with Us, As Long As The Lemon Trees Grows, The Psychology of Money, adalah deretan berbagai buku karya penulis mancanegara yang menyandang gelar best seller di Indonesia. Enggak bisa disangkal, buku berbahasa Inggris memiliki segmen pasarnya sendiri.

Buku-buku impor berbahasa Inggris kerap menjadi pilihan para pembaca untuk dapat menikmati karya penulis luar negeri. Terdapat berbagai alasan yang membuat seseorang lebih memilih membaca buku berbahasa Inggris. Mulai dari belum tersedianya versi terjemahan buku yang diinginkan, keperluan untuk belajar bahasa Inggris, hingga faktor kenyamanan pembaca yang lebih memahami kosa kata dalam bahasa tersebut. 

Baca juga: Ingin Pede dan Fasih Berbahasa Inggris? Ikut Saja Komunitas

Mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Barat, Khazza Aquila, adalah salah satu penikmat buku yang lebih suka membeli buku impor. Menurutnya, sering membaca buku bahasa Inggris menjadi salah satu faktor yang mengantarkannya lulus program pertukaran pelajar ke luar negeri, International Student Mobility Award (IISMA) pada 2022.

“Sekarang lebih suka baca buku bahasa Inggris karena ada target skor tes IELTS yang ingin dicapai,” jelas Khazza. 

Baginya, membaca buku bahasa Inggris sangat membantunya untuk mengetahui lebih banyak kosakata baru yang kerap ditemui di tes IELTS. Tak hanya kosakata, struktur kalimat bahasa Inggris pun dapat dipelajari dengan membaca buku. Menurutnya, membaca sambil belajar dapat menjadi alternatif agar tak perlu bergantung pada program les bahasa Inggris.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan membaca antara lain:
  1. Mencatat kosakata baru 
    Kamu dapat menandai dan mencatat vocabulary atau kosakata baru dalam bahasa Inggris serta menuliskan arti dari kata tersebu
  2. Membaca secara keseluruhan tanpa mencari terjemahannya
    Apabila ingin meningkatkan reading comprehension atau pemahaman membacamu, coba untuk membaca secara keseluruhan tanpa mengartikan tiap kata. Dibandingkan dengan langsung mencari arti kata per kata yang kamu tidak tahu artinya, membaca secara menyeluruh dapat membantu kamu memahami konteks serta struktur kalimat dari bacaan.
  3. Membaca dengan lantang
    Jika ingin memperlancar pelafalan dalam bahasa Inggris, kamu dapat mencoba untuk membaca dengan lantang agar terbiasa dengan pengucapan kosakata bahasa Inggris.
Dengan menerapkan hal-hal di atas secara rutin dan konsisten, kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang bermanfaat dalam berbagai lini kehidupan. Terutama bagi kamu yang berencana melanjutkan studi di luar negeri.

Buku berbahasa Inggris dapat kamu temukan di berbagai toko buku yang menjual buku impor. Akan tetapi, buku berbahasa Inggris memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding buku terjemahan. Rata-rata buku impor berada di kisaran angka Rp100.000 - Rp200.000-an. Hal ini membuat buku impor terkadang sulit dijangkau jika memiliki bujet terbatas. 

Salah satu opsi terjangkau untuk membeli buku impor adalah membeli dari toko-toko buku bekas. Lain halnya dengan buku-buku bekas yang kerap ditemui di pasar, buku bekas bahasa Inggris–atau bahasa kerennya, preloved–dapat mudah ditemui di toko-toko daring, salah satunya melalui media sosial.

Tidak hanya memangkas bujet buku, membeli buku bekas juga dapat berdampak baik pada lingkungan. Membeli buku bekas dapat menjadi salah satu opsi untuk menerapkan hidup yang lebih sustainable sambil tetap meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Baca juga: Kenapa Grammar Penting dalam Berbahasa Inggris? Cek 4 Aturan Ini!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Deretan Laptop Gaming Spek Dewa, Bukan untuk Kaum Mendang-mending

BERIKUTNYA

Fakta-fakta mengenai Koin XRP, Bikin Pasar Kripto Kembali Bergairah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: