Ilustrasi alpukat. (sumber gambar Gil Ndjouwou/ Unsplash)

Jarang Diketahui, Tengok 8 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

05 July 2023   |   10:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kita mungkin sudah tahu jika alpukat itu buah yang enak dikonsumsi langsung, atau dicampurkan dengan makanan lain. Namun, tahukah kalau buah ini menyimpan banyak manfaatk kesehatan. Ketika kita mengonsumsinya, tubuh akan menjadi lebih sehat. 

Sejak zaman baheula, buah dengan nama Latin Persea Americana Mill ini sudah dikonsumsi suku Inca, Maya, dan Indian Aztec sebagai menu harian mereka. Barulah sekitar pada abad ke-19, alpukat mulai menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia yang dibawa oleh Belanda.

Baca juga: Kenali 7 Ciri-ciri Alpukat yang Matang & Legit

Seiring waktu, cara penyajian alpukat semakin variatif, Mulai dijadikan lauk hingga diolah menjadi minuman seperti jus atau smoothie. Hadirnya alpukat dalam berbagai sajian ini pun tidak sembarangan karena terdapat segudang manfaat gizi di dalamnya.

Adapun, dalam buah ini setidaknya terdapat kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C, protein, lemak, dan mineral. Alpukat juga diklaim sebagai salah satu buah penurun kolesterol pada tubuh. Bahkan, alpukat merupakan salah satu buah favorit atlet Olimpiade.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh.


1. Kaya Nutrisi

Alpukat merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari omega-3, niacin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan potasium. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak sehat dan bermanfaat tingkat tinggi, yang dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang diantara waktu makan. 

Lemak tak jenuh dalam alpukat bahkan dapat memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dalam setengah buah alpukat, atau 100 gram (g) setidaknya juga mengandung 160 kalori, 14,7 g lemak, 8,5 g karbohidrat,6,7 g serat.


2. Sehat untuk Jantung

Menurut beberapa penelitian, dalam setiap 100 gram alpukat juga terdapat 76 miligram sterol dan beta sitosterol. Dua senyawa ini dipercaya dapat dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat, yang penting untuk kesehatan jantung saat dikonsumsi secara teratur.

Para penderita kolesterol tinggi biasanya dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan berlemak seperti daging. Namun, ada pengecualian untuk alpukat karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.


3. Baik untuk Penglihatan

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang ada di jaringan mata. Zat tersebut dapat memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV. Oleh karena itu mengkonsumsi alpukat secara teratur dipercaya dapat membantu menyehatkan mata.

Tak hanya itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan lain yang larut dalam lemak, seperti beta karoten. Sehingga, menambahkan alpukat ke dalam makanan dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.


4. Mencegah Osteoporosis

Hasil sebuah penelitian menyebut, setengah alpukat menyediakan sekitar 18 persen dari nilai harian vitamin K. Nutrisi ini sering diabaikan tetapi sangat penting untuk kesehatan tulang. Sebab, mengonsumsi vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

Baca juga: Yuk Manfaatkan Alpukat untuk Membuat 2 Variasi Avocado Toast Ini!
1
2


SEBELUMNYA

3 Cara Mengatasi Anak Jadi Korban Bullying, Kalau Mereka Cerita Tolong Dengarkan Parents

BERIKUTNYA

Mau Nonton Konser Idola di Luar Negeri? Ikuti 4 Cara Ini Biar Enggak Boncos

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: