Ilustrasi avocado toast. (Dok. Paul Hanaoka dari Unsplash)

Yuk Manfaatkan Alpukat untuk Membuat 2 Variasi Avocado Toast Ini!

30 July 2021   |   08:28 WIB

Genhype suka dengan kombinasi topping bertekstur seperti mentega dengan roti tawar yang renyah? Kalian bisa coba makan avocado toast yang merupakan salah satu jenis sandwich terbuka. Pada dasarnya, avocado toast hanya membutuhkan alpukat dan roti tawar, tapi beberapa orang berkreasi dengan menambahkan telur, tomat, bawang bombay, hingga bumbu-bumbu seperti cabai kering dan lada hitam.

Meski asal dari makanan ini tidak diketahui secara pasti dan masih diperdebatkan hingga saat ini, tetapi laporan Taste menunjukkan bahwa resep dari avocado toast bisa ditelisik kembali pada tahun 1920-an melalui sebuah arsip koran lama yang menginstruksikan pembaca untuk mencoba menghancurkan alpukat dan menaruhnya di atas roti tawar panas.

Perkembangan dari avocado toast hingga kepopulerannya muncul dalam berbagai versi cerita, mulai dari kehadirannya dalam menu-menu restoran di Australia pada tahun 1990an hingga kemunculannya di Amerika Serikat pada tahun 2000-an. 

Menu makanan yang populer pada tahun 2010an ini bisa menjadi salah satu opsi menu makanan sehat yang mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan. Hypeabis.id punya resep yang bisa dicoba untuk membuat avocado toast. Yuk coba buat!

Bahan-bahan (untuk 1 orang)
2 lembar roti tawar (bisa gandum atau putih)
1/2 - 1 buah alpukat
Topping (sayuran dan telur) dan bumbu (garam, lada, atau madu) secukupnya

Cara membuat
1. Bakar roti tawar di dalam oven toaster atau di atas teflon tanpa mentega dengan api sedang selama 5-6 menit atau sampai berwarna kuning kecoklatan dan teksturnya renyah. Angkat dan biarkan sampai dingin.

2. Sambil menunggu roti yang dibakar, potong buah alpukat menjadi dua dan buang bijinya. Pisahkan daging buah dengan kulitnya lalu potong kecil-kecil dan hancurkan sampai hampir halus.

3. Letakkan roti di atas piring dan sebarkan alpukat di atasnya. Tambahkan topping sesuai selera, misalnya lada dan garam untuk rasa gurih atau sedikit madu untuk rasa manis.

Jika Genhype ingin menambahkan topping lain seperti irisan tomat, bawang bombay, dan telur, kalian bisa mempersiapkannya sebelum memasak roti agar topping ini bisa diletakkan di tahap akhir pembuatan avocado toast.

Untuk tomat (baik tomat biasa maupun tomat ceri) dan bawang bombay, cukup iris tipis sesuai dengan preferensi dengan jumlah yang bisa disesuaikan (kira-kira 2-3 potong untuk satu lembar roti). Sementara itu, untuk telur, Genhype bisa buat menjadi telur dadar, telur orak arik, atau telur rebus yang dipersiapkan sebelum memasak roti.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menu Makanan Ternyata Berpengaruh terhadap Risiko Covid-19, Kok Bisa?

BERIKUTNYA

4 Tips Bertahan selama Pandemi ala Park Seo Joon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: