Ilustrasi mengiris alpukat. (Sumber gambar : Freepik)

Hindari Iris Alpukat Pakai Pisau Stainless Steel, Ini Alasannya

03 August 2022   |   17:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Alpukat menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan alias diet. Buah yang memiliki kandungan tinggi lemak dan kaya manfaat kesehatan ini memang cukup mengenyangkan.

Mengonsumsi buah alpukat tidak seperti jeruk yang dikupas begitu saja atau stroberi yang bisa langsung dimakan setelah dicuci. Buah tersebut harus dibelah menggunakan pisau untuk mendapatkan dagingnya. 

Namun tahu kah kamu, membelah dan mengiris buah alpukat sebaiknya tidak menggunakan pisau stainless steel atau logam. Mengapa demikian? Mengutip Tasting Table, mengiris buah alpukat dengan pisau logam akan mempercepat warna buah yang tadinya kekuningan menjadi cokelat. 

Baca juga: 4 Kiat Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Segar

Warna tersebut juga mempengaruhi kondisi alpukat menjadi tidak lagi segar. Tentu kondisi ini kurang menarik jika kamu harus menyimpan bagian buah di kulkas guna menyiapkan salad atau jus untuk dikonsumsi esok hari. 

Alasan mengapa pisau stainless steel membuat warna buah alpukat menjadi cokelat karena pisau ini mengandung tembaga dan besi. Logam tersebut mengaktifkan enzim di dalam alpukat, menyebabkan warnanya menjadi cokelat dengan adanya oksigen.

Ahli biokimia Anne Marie Helmenstine menerangkan proses ini disebut sebagai oksidasi. Itu terjadi ketika molekul atau atom terpapar ini tingkat oksigen yang meningkat dan mulai kehilangan elektron. 

Untuk mengantisipasi perubahan warna ini, koki selebriti Nick Stellino merekomendasikan pisau plastik atau keramik untuk membelah dan mengiris alpukat. Namun apabila kamu tidak punya pisau plastik atau keramik, dia menyarankan untuk menaruh irisan bawang merah di bagian wadah kedap udara sebelum meletakkan alpukat di atasnya agar tidak cepat berubah warna.

Cara lain yang disarankan yakni mengoles sisi alpukat yang terbuka dengan minyak zaitun atau perasan lemon apabila kamu tidak menyukai aroma bawang merah.
 

Buat kamu yang ingin mengupas alpukat, berikut langkah yang tepat:

  1. Pegang alpukat di satu sisi dengan satu tangan. Potong dari bagian tengah atas memanjang ke bawang, kemudian mengitari ke tempat semula. Buka kedua sisi yang sudah terbelah. 
  2. Hilangkan biji dengan menggunakan sendok makan. Kamu juga bisa mengiris alpukat secara langsung dengan biji yang masih menempel. Cara lain untuk membuang biji alpukat yakni menancapkan pisau ke bagian biji, kemudian angkat biji tersebut dari dagingnya. 
  3. Dalam mengiris alpukat, kamu bisa melakukannya langsung saat kulit menempel, lalu tinggal mengulitinya. Atau, kupas seluruh kulit dan pisahkan dagingnya. Kemudian iris alpukat di atas papan untuk dikonsumsi atau disimpan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Michael Learns to Rock (MLTR) Kembali Gelar Tur Dunia, Hadir di Jakarta & Surabaya

BERIKUTNYA

Dijual Mulai Pekan Depan, Begini Rincian Tiket Konser BE THE SUN SEVENTEEN di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: