Ilustrasi alpukat. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

02 June 2021   |   07:48 WIB

Tahu enggak kalau alpukat merupakan salah satu makanan yang populer selama beberapa tahun terakhir karena dijadikan bahan campuran untuk makanan dan minuman?

Buah berwarna hijau ini sering dicampurkan ke dalam makanan sebagai lauk dan juga di dalam minuman mereka seperti jus atau smoothie. Kehadiran alpukat dalam variasi makanan dan minuman ini tidak sembarangan karena terkandung berbagai manfaat gizi di dalamnya.

Dengan rasanya yang tidak menonjol, alpukat juga cocok sebagai pengganti lemak di dalam suatu bahan campuran sehingga bisa diselipkan ke dalam sup maupun kue.

Mau tahu apa saja manfaat dari alpukat? Simak daftar dari CNN di bawah ini!

1. Kaya akan omega-3
Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, di mana kandungan ini membantu menurunkan kolesterol jahat atau yang bisa disebut kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL).

Kolesterol LDL memicu berbagai risiko penyakit seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Sumber baik untuk potasium
Potasium dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi dengan cara membuang lebih banyak sodium dari dalam tubuh melalui urine. Enggak hanya itu, buah ini juga bisa membantu melancarkan fungsi syaraf dan membantu penyaluran nutrisi di dalam sel tubuh ketika membuang zat sisa dalam tubuh.

Alpukat bisa jadi sumber zat gini ini karena kandungan potasium dalam 100 gram alpukat, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sebesar 485 miligram.

3. Punya kandungan lemak tak jenuh
Lemak tak jenuh bertujuan untuk membantu menurunkan kolesterol LDL tanpa memengaruhi kolesterol baik atau kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Dengan berkurangnya kolesterol LDL, maka risiko penyumbatan darah sebagai akibat terhambatnya aliran darah dalam peredaran darah juga akan berkurang.

4. Tinggi serat
Kandungan serat bisa membantu tubuh agar tidak mudah lapar, sehingga alpukat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet atau sedang mengawasi berat badannya.

5. Tinggi akan folat
Berperan dalam pertumbuhan janin, folat merupakan kandungan yang penting untuk memastikan fungsi otak berjalan dengan baik dan kesehatan selama masa kehamilan berlangsung baik. Karena itulah, folat sangat dibutuhkan bagi ibu hamil.

Alpukat bisa menjadi alternatif dalam mendapatkan kandungan gizi ini sehingga bisa mencegah kecacatan saat kelahiran buah hati saat pekan awal kehamilan, terutama pada bagian otak dan tulang belakang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penguatan Ekosistem Seni Rupa pada Masa Pandemi

BERIKUTNYA

Ladies Wajib Tahu Gejala PCOS saat Menstruasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: