Ilustrasi alpukat (Dok. HaYaTT ZW/Unsplash)

Kenali 7 Ciri-ciri Alpukat yang Matang & Legit

29 November 2021   |   11:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat mudah dijumpai sehari-hari. Buah dengan tekstur legit dan rasanya yang nikmat ini bisa diolah ke dalam berbagai makanan dan minuman seperti es buah, toast alpukat, jus alpukat, salad, atau dikonsumsi langsung.

Meskipun begitu, dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman tersendiri lho untuk memilih alpukat yang bagus dan matang. Alpukat yang belum matang cenderung akan lebih keras dan terasa pahit.

Nah, untuk kamu yang ingin mengonsumsi alpukat atau mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat, kenali ciri-ciri alpukat yang matang seperti dilansir dari Sayurbox berikut ini.


1. Kulitnya berwarna hijau keunguan


Alpukat dengan warna kulit hijau menandakan usia yang muda. Artinya, semakin hijau, maka semakin muda pula usia alpukat tersebut.

Pastikan untuk memilih alpukat yang memiliki warna kulit ungu cerah dan mengkilap. Hindari memilih alpukat berwarna kulit ungu kusam dan lembek bila ditekan, karena berisiko terlalu matang dan mendekati busuk.
 

2. Tekstur buah empuk


Alpukat yang sudah matang juga akan terasa empuk, tidak keras ataupun benyek. Ketika mengecek tekstur buah, cara yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan seluruh telapak tangan secara perlahan.

Hindari menggunakan satu jari untuk menekan permukaan buah karena berisiko merusak buah. 


3. Tangkai berwarna hijau


Apabila tersisa bagian batang dari tangkai alpukat, petiklah secara perlahan dan hati-hati. Hal ini bertujuan untuk mengecek lubang yang ditinggalkan oleh batang tangkai tersebut. Lubang ini dapat menjadi ukuran tingkat kematangan buah yang cukup efektif.

Bila warnanya hijau, berarti alpukat telah matang sempurna. Namun bila warnanya coklat muda, itu artinya alpukat masih belum matang, sedangkan bila berwarna coklat gelap bahkan hitam, artinya alpukat sudah terlalu matang.
 

 Louis Hansel

Ilustrasi alpukat (Dok. Louis Hansel/Unsplash)

(Baca juga: 5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh)
 

4. Buah mudah dikupas dari kulitnya


Setelah melakukan beberapa hal di atas, kamu bisa memastikan kematangannya dengan mengupas alpukat. Caranya yang benar adalah dari tengah secara horizontal, bukan dari tangkai dan secara vertikal seperti yang banyak orang lakukan selama ini.

Jika buah mudah dikupas dari kulitnya, itu berarti alpukat telah matang dan siap untuk dikonsumsi atau diolah.
 

5. Daging alpukat lembut dan bersih


Kalau kamu memutuskan untuk membeli alpukat dalam kondisi telah dikupas di supermarket, maka cara yang paling mudah untuk memastikan tingkat kematangannya adalah dengan mengecek fisik daging buahnya. Alpukat yang matang sempurna akan memiliki daging yang lembut dan bersih. Jika terlalu tua atau kematangan, biasanya daging alpukat cenderung memunculkan banyak serat berwarna hitam.
 

 HaYaTT ZW

Ilustrasi alpukat (Dok. HaYaTT ZW/Unsplash)


6. Biji buah mudah lepas dari dagingnya


Mengecek tingkat kematangan dari biji buah alpukat termasuk salah satu cara tradisional yang cukup efektif. Buah alpukat yang sudah matang umumnya memiliki biji buah yang mudah terlepas.

Caranya kamu hanya perlu menggoyangkan buah, apabila terdengar bunyi yang menandakan biji buah goyang apalagi jatuh, tandanya alpukat layak untuk dikonsumsi.
 

7. Mematangkan alpukat


Jika kamu sudah terlanjur membeli alpukat yang belum matang, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mematangkannya dengan cepat. Tipsnya, gunakan kaus kaki bersih untuk menyimpan alpukat.

Letakkan di tempat dengan suhu ruang atau kamu juga bisa memasukkannya kedalam kantong kertas bekas kemasan kopi atau fast food.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Yuk Kenali Perbedaan Ban Tubeless & Ban Biasa

BERIKUTNYA

Mitigasi Varian Omicron, Pemerintah Batasi Akses WNA dari 11 Negara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: