Claude Monet adalah salah satu seniman asal Prancis yang terkenal (Sumber gambar; claude-monet.com]

4 Seniman Populer Asal Prancis yang Karyanya Mendunia

05 July 2023   |   16:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini, Prancis dilanda kerusuhan akibat kasus penembakan oleh petugas terhadap seorang remaja. Di balik tindak kekerasan bersenjata dan aksi kerusuhan, negara itu sebenarnya terkenal dengan kedamaian, keindahan, dan keharmonisan yang dipresentasikan dalam karya para senimannya yang mendunia.  

Dirangkum dari berbagai sumber, jumlah seniman yang lahir di negara ini tidak terhitung jumlahnya. Dari yang terkenal seperti Monet dan Renoir yang karyanya sangat mahal sampai dengan pelukis tanpa nama dari zaman dahulu, dapat dijumpai oleh para pencinta karya seni. 

Baca juga: Bursa Seni Art Moments Bali Libatkan 100 Seniman dari 15 Galeri Seni di Dalam & Luar Negeri

Koleksi maha karya seniman itu bisa dinikmati ketika berkunjung ke sejumlah museum dan galeri di negara tersebut. Karya mereka dirawat dan dijaga karena memiliki cerita dan dapat dipelajari bagi para seniman muda. Berikut sejumlah seniman populer asal Prancis versi Hypeabis.id yang harus diketahui oleh Genhype.


1. Pierre-Auguste Renoir

Pierre-Auguste Renoir lahir di Limoges, Prancis pada 25 Februari 1841. Dikutip dari laman Sotheby's, dia menemukan bakat dan kesenangan dalam melukis saat magang di pabrik porselen di Paris pada usia 13 tahun. Renoir bertemu dengan Alfred Sisley, Claude Monet, dan Frederic Bazille yang memiliki kesamaan tentang bayangan sebuah seni yang lebih dekat dengan kehidupan nyata. 

Salah satu karya ikoniknya adalah Dance at Le Moulin dela Gallete pada 1876 dan Madam Charpentier and Her Children pada 1878. Dari karya itu, terlihat bahwa sang seniman menggunakan sapuan warna-warni kecil guna membangkitkan warna dan cahaya.

Pelukis yang disebut sebagai pemimpin awal gerakan impresionis itu melepaskan diri dari gaya itu ketika melakukan perjalanan ke sejumlah negara seperti Aljazair, Italia, dan Prancis Selatan pada awal 1880an. 

Dalam berkarya, sang seniman memberikan penekanan kepada klasisisme terhadap volume, bentuk, garis, warna, dan sensualitas Mediterania. Dia juga tercatat sebagai seniman yang produktif dan kerap berkarya dengan melukis dan memahat meskipun sakit rematik dan stroke. Renoir menetap di desa kecil bernama Cagnes-sur-Mer pada 1907.


2. Eugene Delacroix

Seniman yang satu ini lahir di sebuah daerah dekat Paris, Prancis, yakni Charenton pada 26 April 1978. Delacroix merupakan salah satu pelukis romantis terbesar di Prancis. 

Dikutip dari laman Britannica, penggunaan warna dalam berkarya sangat berpengaruh terhadap perkembangan lukisan impresionis dan post-impresionis. Dalam berkarya, dia kerap mendapatkan inspirasi dari peristiwa yang dialami atau tulisan sejarah.  

Keluarga tempatnya tinggal sangat terkenal dan artistik yang berpengaruh terhadap diri dan gaya berkaryanya. Suka terhadap musik dan teater, Delacroix pernah menjadi murid pelukis ternama Pirre-Narcisse dan Baron Guerin. 

Dalam perjalanan kariernya sebagai seorang pelukis, dia tercatat telah menunjukkan sejumlah pengaruh, seperti romantisme pelukis Theodore Gericault, Richard Parkes  Bonington, Lord Byron, dan sebagainya. 

Salah satu lukisan yang paling terkenal karyanya adalah Liberty Leading the People yang dibuat pada 1830. Karya ini guna memperingati revolusi Juli yang membawa Louis-Philippe memperoleh tahta. 

Baca juga: Mengenal Dunia dari Sudut Pandang Seniman Syakieb Sungkar

Karya itu disebut memadukan alegori dan realisme kontemporer. Tidak hanya itu, lukisan ini juga disebut mencerminkan perubahan gayanya yang lebih pendiam. Namun, tetap mempertahankan unsur animasi dan kemegahan.      

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Selain Night Security, Cek 5 Game Horor Buatan Chilla’s Art yang Juga Populer

BERIKUTNYA

5 Gaya Outer Anti Gagal Shani JKT48, dari Girly hingga Kasual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: