Claude Monet adalah salah satu seniman asal Prancis yang terkenal (Sumber gambar; claude-monet.com]

4 Seniman Populer Asal Prancis yang Karyanya Mendunia

05 July 2023   |   16:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Paul Gauguin

Seniman asal Prancis lainnya yang perlu diketahui adalah Paul Gauguin. Seniman yang lahir di Paris dari ayah seorang jurnalis itu menolak industrialisasi barat dan merangkul seni dan kerajinan tangan sebagai upaya kreatif yang setara dengan bentuk seni lain yang lebih diterima secara konvensional. 

Dalam laman National Gallery of Art, Dia disebut mulai melukis dan mengoleksi karya seni ketika berada di Paris sebagai pialang saham pada 1872. Sang pelukis kian fokus pada seni ketika pindah ke Rouen setelah kehilangan pekerjaannya setelah kehancuran finansial pada 1882.

Kondisi ekonomi yang menyedihkan membuatnya memulai kehidupan nomaden   pada 1886 dan melakukan perjalanan ke sejumlah daerah eksotis. Dalam prosesnya, dia dikenal sebagai seniman avant-garde yang penuh warna dan kontroversial. 

Gayanya itu dapat diketahui melalui karya yang dibuat untuk dijual dan dipamerkan di Eropa. Dia pernah bertemu dan mengenal seni Emile Bernard yang memiliki gaya bentuk tebal dan datar pada 1888 ketika pergi ke Pont-Aven, Britanny. Tidak hanya itu, dia juga pergi Arles dan bertemu dengan Vincent van Gogh.


4. Claude Monet 

Dilansir dari laman Sotheby’s, Claude Monet adalah seorang seniman yang sering dianggap sebagai pendiri impresionisme dan pendukung aktif filosofi gerakan lukisan plein-air atau luar ruangan atau alam terbuka.

Sepanjang karier berkeseniannya, Monet telah menghasilkan beberapa seri lukisan penting seperti Rouen Cathedral dan Water Lilies. karya ini menangkap pemandangan yang sama sepanjang perubahan cahaya hari dan musim.

Claude Monet memilki nama lengkap Oscar-Claude Monet dan lahir di Paris, Prancis, pada 1840. Pada 1845, keluarga Monet pindah ke Le Havre, dan bertemu dengan seniman Édoauard Boudin. Pertemuan itu mendorong sang seniman ke dalam lukisan plein-air yang akan menjadi dasar oeuvre.

Sang seniman kembali ke Paris setelah sang ibu pergi untuk selama-lamanya. Di Paris, Monet berkenalan dengan para seniman yang pada kemudian hari membentuk dasar atau fondasi impresionisme. Seniman-seniman itu antara lain antaranya Édoauard Manet, Pierre-Auguste Renoir, Frederick Bazille dan Alfred Sisley.

Monet ikut serta dalam sejumlah pameran yang diadakan sebagai bentuk protes atas formalisme kaku dari pertunjukan Acamedie Salon sepanjang akhir 1860an dan 1870an. Kemudian, pada 1872, dia membuat lukisan berjudul Sunrise dengan gaya impresionis, dan dipamerkan pada 1874.

Pada 1883, setelah kematian Camille, Monet pindah ke desa Giverny di wilayah Normandia, Prancis. Di tempat ini, sang seniman melukis serangkaian kanvas Water Lilies yang monumental.

Dimulai pada 1899, seri Water Lilies menjadi karya sang seniman selama hampir 20 tahun. Dia bahkan terus melanjutkan karya seri itu meskipun memiliki penglihatan yang buruk. Sang seniman meninggal dunia pada 1926 saat berusia 86 tahun.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Selain Night Security, Cek 5 Game Horor Buatan Chilla’s Art yang Juga Populer

BERIKUTNYA

5 Gaya Outer Anti Gagal Shani JKT48, dari Girly hingga Kasual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: