Ilustrasi Pameran Seni (Sumber gambar: Unsplash/ Jessica Pamp)

Imagining Noumena sampai ARTJOG, Cek 5 Pameran Seni Juli 2023 yang Wajib Dikunjungi

30 June 2023   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. In Another Land, Artsphere Gallery

 

Artsphere Gallery juga menggelar pameran tunggal perupa Prabu Perdana bertajuk In Another Land yang berlangsung hingga 17 Juli 2023. Dalam pameran ini pemenang Penghargaan UOB Southeast Asian Painting of the Year 2020 itu menghadirkan 11 lukisan seri terbaru dari karya-karyanya yang berfokus pada pokok-soal lanskap.

Bagi Prabu, lanskap memang tak hanya menjadi sebuah genre untuk menampung representasi tradisionalnya sebagai 'objek' semata. Namun, perupa asal Bandung, Jawa barat itu juga menyisipkan imajinasinya yang kadang puitis, liar, dan sesekali liris dan terkesan menggambarkan kejadian post apocalyptic.

Keunikan  dari karya-karya Prabu adalah semua lukisan yang dipacak di Artsphere Gallery sama sekali tidak memunculkan objek manusia di dalamnya. Absennya figur manusia inilah yang kemudian menyiratkan kesunyian yang puitis sekaligus bentuk kritik antroposentrisme  modern yang berujung pada kerusakan dan bencana alam.
 

4. Ngider Makan dengan Gambar, Galeri Nasional Indonesia

 

Galeri Nasional Indonesia (GNI) turut menghadirkan Pajang Karya bertajuk Ngider Makan dengan Gambar karya Arya Ramania, Beng Rahadian, dan Yanita Indrawati. Berlangsung hingga 2 Juli 2023, pameran kolaborasi antara Bilik Komunitas dan GNI ini menghadirkan sederet karya ilustrasi kuliner khas Jakarta, hasil kolaborasi antara Jakarta Food Skechers, Dari Halte ke Halte, dan Gramedia Pustaka Utama. 

Selain Pajang Karya, Genhype juga bisa menikmati pameran tetap koleksi GNI yang terletak di gedung B, lantai dua yang dibuka pada hari Selasa-Minggu dari pukul 10.00 sampai 15.30 WIB.  Di sini kamu dapat menikmati karya-karya maestro Indonesia dan dunia, seperti karya Raden Saleh, Hendra Gunawan, Affandi, hingga Wassily Kandinsky, Hans Hartung, dan Pierre Soulages. 
 

5. ARTJOG, Jogja National Museum

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ARTJOG (@artjog.id)


Penikmat seni di Tanah Air tentu tak lupa dengan 'lebaran seni rupa' ARTJOG di Yogyakarta. Salah satu agenda tahunan pameran seni terbesar di Indonesia ini juga sudah mulai dihelat mulai 30 Juni-27 Agustus 2023 dengan mengangkat tajuk Motif: Lamaran yang berlangsung di Jogja National Museum.

Berbeda dari sebelumnya, tahun ini ARTJOG juga memiliki program baru yang bernama Performa.Artjog yang akan menampilkan bentuk perform dari musisi hingga pementasan teater. Platform baru ini hadir dalam empat mata program meliputi Main Performance, Connect, Explanatory, dan Special Performance.

Pameran ARTJOG tahun ini akan melibatkan 73 seniman yang terdiri dari 51 seniman dewasa dari jalur undangan dan panggilan terbuka, serta 22 seniman anak. Beberapa seniman yang turut berpartisipasi adalah Mella Jaarsma, Novi Kristinawati, Ugo Untoro, dan Dicky Takndare. Tiket ARTJOG dibanderol Rp75.000,00 yang dapat diperoleh melalui pembelian langsung di lokasi. 

Baca juga: Semesta Spekulatif Rendy Raka Pramudya dalam Pameran Imagining Noumena

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

7 Spot Wisata Edukasi di Jabodetabek, Buat Liburan Anak Jadi Berkualitas

BERIKUTNYA

Jungkook BTS Siapkan Debut Solo Bertajuk Seven, Bawakan Keceriaan Musim Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: