Konferensi pers DKJ Fest 203 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa (20/6/2023). (Sumber gambar: DKJ)

Penikmat Seni Merapat! DKJ Fest 2023 Digelar di TIM, Ada Pameran Arsip & Pertunjukan Tari

21 June 2023   |   10:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akhirnya menggelar DKJ Fest 2023. Kegiatan tahunan ini akan menghadirkan program-program unggulan dari sejumlah komite DKJ, mulai dari bidang seni rupa, tari hingga bidang film yang akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Mengambil tajuk KELINDAN: Meretas Kahar Ekosistem Seni, festival ini mencoba membawa semangat pembentukan jejaring dan dialog lintas bidang kesenian. Salah satunya untuk menguatkan ekosistem seni serta menjaga kepentingan publik seni Jakarta. 

Baca juga: Pameran Multisensori Van Gogh Alive The Experience Hadir di Jakarta Mulai Juli 2023, Cek Info Tiketnya

DKJ Fest 2023 dihelat sebagai upaya pembacaan situasi ekosistem seni di Jakarta. Semangat tersebut mewujud dalam sikap terhadap situasi kahar di beberapa ruang seni di Jakarta. Ini juga jadi pernyataan artistik atas situasi kesenian di Jakarta dulu, kini, dan nanti.

Situasi kahar yang dimaksud adalah akumulasi persoalan sejak pra hingga pasca revitalisasi fisik bangunan di TIM. Seiring munculnya bangunan dan ruang-ruang baru, muncul persoalan besar di TIM, yakni terhianatinya watak ruang publik dari ruang-ruang seni dalam ekosistem seni di Jakarta.

Ketua Komite Tari DKJ Yola Yulfianti mengatakan, salah satu isu yang menjadi perhatian dan diangkat dalam festival ini adalah mengenai akses publik terhadap fasilitas dan ruang seni di ibu kota. Selain itu disinggung juga isu terkait eksistensi TIM yang melenceng sejak adanya revitalisasi.

“DKJ Fest adalah salah satu upaya merebut kembali ruang seni agar tetap menjadi ruang publik”, begitu kata Yola Yulfianti dalam keterangannya, Rabu, (21/6/23).
 

Setali tiga uang, Wakil Ketua DKJ, Hikmat Darmawan mengatakan DKJ Fest hadir untuk mengadvokasikan penjagaan watak ruang publik di Jakarta. Dalam hal ini seluruh komite dan komisi DKJ tetap menghidupkan ekosistem seni bagi publik lokal, nasional, dan internasional.

"DKJ Fest merupakan perluasan semangat "Suara Jernih dari Cikini". Acara ini juga punya posisi khusus, menjadi salah satu komunikasi publik serangkaian pertanggungjawaban kerja DKJ dalam periode 2020–2023 yang akan segera tuntas," papar Hikmat Darmawan.
 

Ragam Program

DKJ FEST 2023 akan menyuguhkan serangkaian program unggulan dan kegiatan menarik dari Komite seni rupa, film, dan tari. Program ini sebagai wujud penguatan ekosistem seni yang semakin tangguh sekaligus menjaga kepentingan publik seni di Jakarta.

Tahun ini, Komite Seni Rupa DKJ menyuguhkan Pameran Arsip dan Koleksi DKJ bertajuk Pekan, Pesta, Festival: Bermula dari Cikini Raya 73, yang dikuratori oleh Esha Tegar Putra. Pameran akan menyuguhkan 59 poster, 5 koleksi lukisan, 118 foto, arsip audio, dan arsip surat DKJ. Publik dapat menikmatinya mulai 23 Juni-7 Juli 2023 di Galeri Cipta 2, Gedung Trisno Soemardjo, TIM.

Selanjutnya, Komite Film DKJ akan menyuguhkan Pameran Maestro Film Indonesia dengan tajuk Silang Visual: Delsy dalam Film dan Seni Rupa. Pameran ini mengangkat tokoh film dan seni rupa Indonesia, Delsy Syamsumar. Masyarakat bisa menikmati pameran ini mulai 23 Juni-7 Juli 2023 pukul 10.00 – 20.00 WIB di Galeri Cipta 1, Gedung Trisno Soemardjo. 

Kemudian, Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta juga menggelar sejumlah kegiatan di DKJ Fest 2023. Termasuk Pekan Koreografi Indonesia yang menampilkan pertunjukan dari lima institusi pendidikan seni di Indonesia. Kegiatan itu akan berlangsung pada 20-21 Juni 2023 pukul 19.30 WIB di Teater Wahyu Sihombing. 

Tak hanya itu, Unboxing Tari juga akan menghadirkan Lecture Performance oleh Melati Suryodarmo pada 5 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Graha Bhakti Budaya, TIM. Sedangkan, hasil Lokakarya Artistic Development akan dipresentasikan pada publik pada 1 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Teater Wahyu Sihombing.

Seluruh rangkaian DKJ FEST 2023 dapat dinikmati secara gratis oleh publik dan pencinta seni di ibukota mulai 20 Juni-7 Juli 2023, di area Gedung Trisno Soemardjo dan Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Baca juga: Bukan Kaleng-kaleng, Ini Profil Juilliard School, Kampus Seni Elit di Amerika Pilihan Putri Ariani

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Taylor Swift Gelar Konser 3 Hari di Singapura, Catat Tanggal & Cara Beli Tiketnya

BERIKUTNYA

Hari Yoga Internasional, Ini 5 Jenis yang Paling Ideal untuk Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: