Lanskap Masjid Istiqlal. (Sumber gambar : Masjid Istiqlal/Instagram)

Cek Ketentuan Hingga Akses Masuk Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

26 June 2023   |   15:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Bawa Alat Salat Pribadi

Memang di Masjid Istiqlal biasanya menyediakan mukenah atau sarung untuk dipakai. Namun, alangkah baiknya kalian membawa perlatan salat pribadi mulai dari sajadah, mukena, maupun sarung.

Untuk berjaga-jaga tidak mendapat tempat di area dalam gedung, jangan lupa bawa kertas koran untuk menjadi alas kamu salat di luar gedung ya. Ingat, setelah dipakai, bawa kembali koran bekas itu. Jangan nyampah!
 

4. Jaga Barang Bawaan Pribadi & Jaga Kebersihan

Aksi kriminal bisa terjadi dimana saja, tidak terkecuali masjid. Jadi, tetap waspada dalam menjaga barang bawaan pribadi kamu di tengah kerumunan.

Selain itu, jaga selalu kebersihan di area Masjid. Selain tidak membuang koran bekas pakai alas salat sembarangan, buang sampah lainnya seperti botol plastik bekas minum atau bungkus makanan ke tempat sampah. 
 

5. Akses Masuk 

Setidaknya ada 3 gerbang akses masuk ke area Masjid Istiqlal. Pertama yakni gerbang Al Aziz. Letaknya berada di Jalan Perwira, berseberangan dengan SMP Negeri 4 Jakarta.

Gerbang ini bisa dipakai untuk jemaah yang datang menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Kendati demikian, pintu ini tetap bisa dilalui oleh jemaah yang berjalan kaki.
 
Kedua, gerbang Al-Fattah. Pintu gerbang Al-Fattah terletak di seberang Gereja Katedral. Berdasarkan informasi dari pengurus masjid Istiqlal, pintu tersebut diperuntukkan khusus bagi para pejalan kaki yang akan masuk dan keluar area masjid. Bagi kalian yang membawa kendaraan, jangan salah jalan ya! 
 
Ketiga, gerbang As-Salam. Pintu gerbang ini untuk akses jamaah yang berjalan kaki menggunakan transportasi umum, seperti TransJakarta ataupun Stasiun Juanda. Jadi, enggak usah muter jauh-jauh untuk masuk area Istiqlal deh.

Baca juga: 6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Mengisi Libur Sekolah & Iduladha

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

ONIC Esports Mundur dari Seleknas IESF 2023, Cek Daftar Tim yang Ikut

BERIKUTNYA

5 Fakta Film Cinta Bete, dari Tampilkan Pesona Alam hingga soal Tradisi Lamaran di Nusa Tenggara Timur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: