Lanskap Masjid Istiqlal. (Sumber gambar : Masjid Istiqlal/Instagram)

Cek Ketentuan Hingga Akses Masuk Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

26 June 2023   |   15:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Masjid Istiqlal merupakan tempat favorit warga Jakarta untuk melaksanakan salat Iduladha. Berdiri di lahan seluas hampir 10 hektar, masjid nasional ini juga menjadi lokasi penyembelihan hewan kurban sumbangan para pejabat negara, salah satunya Presiden Joko Widodo. 

Istiqlal diketahui kembali menyelenggarakan salat Iduladha pada 2022, setelah absen selama dua tahun aibat pandemi Covid-19. Kendatipun tidak dihadiri Presiden Jokowi pada momen Iduladha tahun ini, masjid terbesar di Asia Tenggara itu selalu menarik para jemaah untuk datang menyelenggarakan ibadah di sana. 

Tidak dipungkiri, jemaah salat pada hari raya biasanya membludak. Pasalnya, pengunjung biasanya bukan hanya beribadah, namun juga berwisata menikmati kemolekan Istiqlal yang semakin megah pasca revitalisasi.

Baca juga: Cek 8 Tradisi Unik di Nusantara Menjelang Iduladha, Ada Mepe' Kasur & Toron

Masjid ini terbilang memiliki banyak simbol dari setiap arsitekturnya. Gedung utama yang terdiri dari 5 lantai, bermakna simbol 5 rukun Islam, 5 waktu salat, dan 5 sila dalam Pancasila.  

Bulan bintang yang terletak di atas kabar besar memiliki tinggi 17 meter, menandai tanggal kemerdekaan Republik Indonesia yakni 17. Adapun kubah kecil dengan garis tengah 8 meter menjadi simbol bulan kemerdekaan negara ini, Agustus. Sedangkan kubah besar dengan garis tengah 45 meter, merupakan simbol dari tahun kemerdekaannya yaitu 1945. 

Sementara itu, hanya ada satu menara di Istiqlal yang menegaskan kepercayaan Umat Islam bahwa hujan hanya satu. Menara ini memiliki tinggi 6.666 cm, simbol dari jumlah ayat Alquran. Tiang baja setinggi 30 meter yang berada di puncak menara tersebut melambangkan jumlah juz Alquran.

Istiqlal juga dirancang terbuka, tidak berdaun pintu atau jendela. Arsitektur ini melambangkan bahwa Masjid Istiqlal bisa disambangi oleh siapapun, termasuk non-muslim.

Nah, buat kalian yang tertarik salat Iduladha sekaligus berwisata rohani di Istiqlal, berikut sejumlah hal yang perlu kalian perhatikan. 


1. Datang Lebih Pagi

Buat kalian yang ingin melangsungkan ibadah salat Iduladha di Masjid Istiqlal, sebaiknya datang lebih pagi. Hal ini penting agar kalian bisa mendapatkan shaf salat di dalam masjid dan merasakan ibadah yang khusus di tengah kemegahan masjid ini.


2. Pakai Baju yang Sopan & Menutup Aurat

Para pengunjung yang akan salat tentunya akan memakai setelan terbaiknya. Namun, pastikan pakaian kalian sopan ya, Genhype.

Pengurus Masjid Istiqlal telah menetapkan aturan berpakaian. Untuk laki-laki, dianjurkan memakai  pakaian menutup aurat dan sopan seperti koko maupun bau atau kaos lengan panjang. Peci menjadi pelengkap terbaik ketika masuk ke area ini.

Begitu pula perempuan. Selain menggunakan pakaian penutup aurat dan sopan, kaum hawa wajib menggunakan penutup kepala seperti hijab atau selendang selama pelaksanaan salat Iduladha di wilayah Istiqlal. Pengunjung wanita juga diminta memakai pakaian lengan panjang. Begitu pula dengan rok atau celana panjang. 
1
2


SEBELUMNYA

ONIC Esports Mundur dari Seleknas IESF 2023, Cek Daftar Tim yang Ikut

BERIKUTNYA

5 Fakta Film Cinta Bete, dari Tampilkan Pesona Alam hingga soal Tradisi Lamaran di Nusa Tenggara Timur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: