Ilustrasi-Afif Kusuma (Dok. Unsplash)

Intip 5 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Berbagai Negara

20 July 2021   |   13:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha merupakan salah satu perayaan paling suci bagi umat Muslim setelah Idulfitri. Salah satu makna mendalam dari perayaan Iduladha adalah tentang ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT hingga rela mengorbankan segalanya. Hal tersebut yang akhirnya disimbolkan dalam tradisi pemotongan hewan kurban dalam peringatannya.

Sebagai hari yang penuh dengan suka cita, Iduladha dirayakan dengan cara yang bervariasi di seluruh dunia mengikuti budaya dan tradisi yang sudah berlangsung lama di negara tersebut. 

Nah, berikut ini adalah 5 tradisi unik perayaan Iduladha dari berbagai negara yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id.

1. Tradisi Manten Sapi (Pasuruan, Indonesia).
Tradisi unik Iduladha di Indonesia salah satunya adalah tradisi Manten Sapi yang biasanya ditemukan di Pasuruan, Jawa Timur. Sebelum sapi-sapi disembelih, masyarakat akan memandikan sapi dan menghiasnya dengan kembang tujuh rupa dan kain putih. Sapi-sapi yang telah didandani tersebut kemudian akan diarak sebelum akhirnya dikurbankan. Makna dibalik tradisi Iduladha ini adalah untuk menghormati hewan-hewan tersebut sebelum akhirnya dikurbankan.

2. Menghias hewan kurban dengan henna (Turki).
Tidak jauh berbeda dengan tradisi di Pasuruan, di beberapa provinsi di Turki, hewan kurban juga akan dihias terlebih dahulu sebelum akhirnya disembelih. Hewan tersebut dimandikan sampai bersih, dicat dengan henna atau dipasangkan pita warna-warni. Proses penyembelihan dan pemotongan daging kurban dilakukan oleh ahli untuk kemudian dimasak dan disantap bersama keluarga atau tetangga terdekat.

Salah satu makanan Iduladha khas Turki adalah Kurban Bayrami. Isinya terdiri dari daun anggur yang diberi isian, borek (nama roti di Turki), dan kayurma yang terbuat dari daging kurban.
 

Ilustrasi-Rodnae (Dok. Pexels)

Ilustrasi-Rodnae (Dok. Pexels)


3. Kurban unta (Arab Saudi).
Sapi, kambing, atau domba adalah beberapa jenis hewan kurban yang umum ditemukan saat perayaan Iduladha di Indonesia. Namun, jika Genhype mengunjungi Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah lainnya, tradisi berkurban saat Iduladha akan berbeda karena adanya hewan unta. Di Arab Saudi sendiri sangat umum menjadikan unta sebagai hewan kurban saat perayaan Iduladha.
 
1
2


SEBELUMNYA

4 Tips Mencegah Defisiensi Gizi saat Menjalani Vegetarian

BERIKUTNYA

7 Langkah Pemulihan Diri jika Kehilangan Orang yang Dicintai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: