Vino G. Bastian sebagai Gunawan dalam serial Sabtu Bersama Bapak. (Sumber gambar : Prime Video)

7 Fakta Menarik dan Cerita di Balik Layar Serial Sabtu Bersama Bapak

24 June 2023   |   16:21 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Serial Sabtu Bersama Bapak menjadi tontonan menarik mengisi waktu libur sekolah. Tayang 29 Juni 2023 di Prime Video, drama yang diadaptasi dari novel karya Aditya Mulya ini membawa kisah dan pelajaran penting bagi kehidupan, hingga arti dari sebuah keluarga.

Memang, sebelumnya Sabtu Bersama Bapak pernah dibuat dalam format film. Namun kalian akan menemui banyak perbedaan dan sisi menarik ketika cerita ini dikemas dalam sebuah serial. 

Para pemeran pun terbilang mumpuni untuk menyajikan Sabtu Bersama Bapak menjadi serial yang apik. Sebut saja pasangan Vino G. Bastian dan Marsha Timothy. Mereka memerankan tokoh utama, Gunawan dan Itje yang menjadi karakter utama dalam serial ini. 

Baca juga: Spoiler Alert! Sinopsis Episode Perdana Serial Sabtu Bersama Bapak

Ada juga Adipati Dolken sebagai Satya dan Rey Mbayang sebagai Saka, anak dari Gunawan dan Itje. Serial ini juga kehadiran dua aktris muda, Enzy Storia sebagai Rissa yang merupakan istri Satya dan Dinda Hauw sebagai Ayu yang nantinya akan menjadi pasangan Saka.

Menghadirkan kisah seorang ayah yang mendedikasikan setahun terakhir hidupnya untuk merekam serangkaian pesan sebagai hadiah bagi anak-anaknya, berikut fakta-fakta menarik dan cerita di balik layar serial Sabtu Bersama Bapak


1. Perjuangan Seorang Bapak

Dalam versi serialnya, Sabtu Bersama Bapak memberikan lebih banyak gambaran masa lalu Gunawan dan perjuangannya dalam menghadapi hidup. “Serial ini menyuguhkan drama keluarga mengenai perjuangan seorang karakter bernama Gunawan yang penuh tantangan dan menjalaninya dengan kesabaran yang luar biasa,” ujar sutradara Rako Prijanto saat special screning Kamis lalu.

Sang Produser, Frederica mengatakan pihaknya belum puas dengan format film yang lebih banyak bercerita tentang anak Gunawan dan Itje. Oleh karena itu, dia ingin mengulas lebih dalam dari sisi Gunawan sang kepala keluarga yang selalu menyampaikan petuah dan menjadi panutan bagi anak-anaknya.

Begitu pula dengan Itje, ibu yang begitu kuat menghadapi kenyataan dan membesarkan kedua putranya dengan baik. “Makanya kami ingin ceritakan lebih banyak dari sisi keluarga, petuah, cinta mereka ke anak,” sebutnya. 


2. Kisah Cinta Masa Lampau

Serial Sabtu Bersama Bapak juga menyorot kisah cinta Gunawan dan Itje, mulai dari perkenalan, pernikahan, hingga momen-momen terakhir hidup Gunawan. Sang penulis Adhitya Mulya menjelaskan mereka sengaja mengembangkan origin story khusus untuk serial ini.

Vino berkomentar bahwa Gunawan dan Itje adalah backbone di serial ini. “Bisa dibilang kisah cinta Gunawan dan Itje itu sempurna. Sabtu Bersama Bapak tidak akan tercipta apabila cintanya Gunawan tidak sebesar itu ke istrinya,” tambah Marsha.

Tim produksi pun cukup apik menyajikan latar era 50-80-90- hingga 2000an mulai dari fesyen, gaya rambut, otomotif, rumah, hingga desain interior. Rako yang hidup sejak era tersebut pun mampu membuat para cast menggambarkan pola pikir dan pola hidup dengan baik pada serial Sabtu Bersama Bapak.


3. Alur Cerita yang Unik

Serial ini membawa kamu ke beberapa masa dari kehidupan keluarga Gunawan. Masa ketika Gunawan dewasa yang berjuang dalam percintaan dan merawat ibunya. Hidup bersama istrinya.

Ada pula Itje sebagai ibu tunggal yang berjuang keras membesarkan kedua anaknya. Kemudian, Satya dan Saka yang sudah besar dengan kehidupan masing-masing.

Uniknya, masa tersebut tidak disajikan secara berurutan. Vino mengungkapkan bahwa serial ini memiliki episode yang seperti puzzle. “Pertanyaan episode 6 mungkin ada di episode 3 jawabannya. Pertanyaan di episode 4, jawabannya di episode 2,” ungkapnya. 

Baca juga: Simak 5 Film Serial Netflix untuk Menginspirasi Generasi Muda

Rako menyebut sejak menerima tawaran ini, dia langsung menemui tantangan menghadirkan cerita dimana sang tokoh utama meninggal dunia pada episode perdana. Struktur cerita ini menurutnya begitu acak namun benang merahnya begitu terjaga. “Ke depan, ke belakang, tapi juga tidak spoiler.
1
2


SEBELUMNYA

Band Pengisi Soundtrack Naruto Punya Jadwal Konser Perdana di Jakarta

BERIKUTNYA

Duh, Jadwal Konser Coldplay di GBK Bakal Bentrok dengan Piala Dunia U-17

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: