Para pemain dan kru dalam acara peluncuran poster & trailer film Mantra Surugana di XXI Gandaria City, Jakarta, Selasa (20/6/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Teror Iblis Mengerikan dalam Trailer dan Poster Film Mantra Surugana

20 June 2023   |   21:00 WIB

Poster dan trailer pertama dari film Mantra Surugana dirilis. Terinspirasi dari kisah kepercayaan masyarakat Sunda terhadap mantra-mantra kuno, film horor ini mengisahkan bangkitnya sosok iblis lewat mantra dan kutukan yang menghantui seorang mahasiswi bernama Tantri yang diperankan Sitha Marino.

Dalam video trailer dirilis Rumah produksi Peregrine Studios ini, klip dibuka dengan adegan karakter Tantri yang memiliki kemampuan untuk merasakan bahkan melihat hal-hal yang tak kasat mata termasuk mengetahui soal mantra-mantra. Karena kemampuannya itu, dia pun dianggap oleh teman-teman sekitarnya sebagai pembawa masalah.

Baca juga: 5 Fakta Seru Kuasa Gelap, Film Eksorsis Lokal tentang Pengusiran Setan

Adegan pun berlanjut dengan teror-teror iblis yang menghampiri Tantri dan teman-temannya. Teror yang menimpa mereka pun membawa pada rasa penasaran sekaligus keinginan mengetahui lebih lanjut tentang mantra yang dipercaya menjadi sumber masalah. Selain kehadiran setan dan iblis yang menyeramkan, film ini juga diisi dengan adegan-adegan gore yang sadis.

Selain akting para pemainnya yang totalitas, klip berdurasi dua menit itu juga kian terasa mencekam dengan skoring yang kuat dan mendukung suasana semakin menegangkan. Selain itu, penyajian visual dari film ini juga semakin lengkap dengan adanya teknologi computer generated imagery (CGI).
.


Dyan Sunu Prastowo selaku sutradara mengatakan sebagai media promosi, pihaknya mengaku membutuhkan proses yang cukup lama dalam menyajikan intisaari cerita film Mantra Surugana menjadi sebuah trailer berdurasi singkat.

"Tantangannya bagaimana dengan durasi yang cukup singkat, dapat menyampaikan pesan film melalui sebuah cuplikan berdurasi 2 menit, yang diharapkan menggugah penonton agar penasaran dan ingin menonton filmnya," katanya dalam acara konferensi pers di XXI Gandaria City, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Selain merilis trailer, Peregrine Studios juga meluncurkan dua poster dari film Mantara Surugana yang terdiri dari teaser dan poster utama. Pada teaser poster menampilkan wujud iblis yang dikisahkan dalam cerita filmnya, sementara poster utama menampilkan wajah seorang perempuan yang bolong dengan jajaran potret para karakter film di bagian belakangnya.

Ada alasan tersendiri mengapa sebagai sutradara, Sunu cenderung menampilkan para aktor dan aktris muda dalam film garapannya kali ini. Selain memang mengangkat kisah tentang anak muda, dia juga ingin memberikan ruang yang luas bagi para aktor muda berbakat untuk bisa berkarya dan muncul ke permukaan industri film.

Menurut Sunu, sebagai pemain, para aktor dan aktris yang terlibat dalam film ini telah melakukan tugasnya dengan baik dan totalitas, sehingga mereka mampu mengimbangi sajian teknik horor yang memang telah dirancang olehnya dan tim. Adapun, proses penggarapan film ini sebanyak 75 persen merupakan praktikal baru sisanya didukung oleh teknologi computer generated imagery (CGI).

"Jadi banyak kolaborasi antara departemen visual dan menciptakan treatment [horor] yang berbeda," katanya.

Dia juga mengatakan salah satu tantangan utama dalam menggarap film ini adalah terkait kondisi cuaca yang ada di Ciloto, Puncak, Jawa Barat, sebagai lokasi syuting. Bertepatan dengan musim hujan, tak jarang mereka harus syuting dalam keadaan cuaca yang sangat dingin disertai angin.
 

Sinopsis Mantra Surugana
Film Mantra Surugana berkisah tentang sosok perempuan bernama Tantri yang mengalami berbagai kejadian menyeramkan sejak tinggal di asrama kampus. Hal inilah yang membuat Asta, Fey, dan Reza, senior Tantri di kampus, curiga mengenai kejadian tersebut.

Mereka menduga hal itu terjadi karena Tantri tinggal di kamar Arum, sahabat mereka yang sebelumnya hilang secara misterius dan diikuti pula oleh hilangnya mahasiswa lain bernama Luki. Namun, keesokan harinya, suasana kampus gempar dengan kejadian tak terduga.

Kegemparan tersebut terjadi setelah Tantri menemukan mayat Luki sudah membusuk. Kepada Asta, Tantri pun mengaku mendapat bisikan misterius kalau Luki bunuh diri secara mengerikan.  Karena menyadari Tantri mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, Asta dan teman-temannya pun meminta Tantri untuk mencari Arum. 

Di rumah Arum yang terbengkalai, Tantri akhirnya menemukan buku kuno berisi Mantra. Namun dia juga menyadari jika mantra tersebut dirapalkan, maka akan bisa membuat seseorang terbunuh. Dari sinilah perlahan terkuak rahasia yang dibawa mati oleh Luki, yang menyeret nama Asta dan teman-temannya sebagai orang-orang yang dimantrai. 

Namun, malang tak dapat ditolak, niat menyelamatkan diri dari pengaruh mantra malah berkembang menjadi bencana bagi Asta dan teman-temannya, juga bagi Tantri. Mantra yang terlanjur terucap ternyata justru memanggil sosok pembalas dendam yang mengincar mereka. Tak hanya itu, dendam tersebut ternyata ada hubungannya dengan masa lalu dari mereka masing-masing. 

Dengan kondisi tersebut, mantra yang membahayakan itu harus dibalikkan begitupun buku kuno tersebut harus dihancurkan. Jika tidak, justru mereka sendirilah yang akan hancur. Lantas, berhasilkah upaya mereka untuk menjalankan misi tersebut?

Selain diperankan oleh Sitha Marino, film ini juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris lainnya seperti Messi Gusti, Cindy Nirmala, dan Rania Putrisari. Ada juga Fergie Brittany, Shabrina Luna, Rafael Adwel, Dewa Dayana, Yusuf Mahardika, Arswendy Bening Swara, Tegar Satrya dan Mike Lucock. 

Film Mantra Surugana akan tayang di bioskop Tanah Air pada 27 Juli 2023.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Live Action Avatar: The Last Airbender, Intip First Look Aang

BERIKUTNYA

7 Ide Kegiatan Seru Orang Tua dan Anak Untuk Mengisi Liburan Sekolah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: