Sate klathak menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan (Sumber gambar: pexels/ Samer Daboul)

5 Kuliner Jogja yang Autentik dan Bikin Kangen Para Traveller

18 June 2023   |   08:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja memiliki banyak keunikan yang membuatnya dikenal sekaligus sebagai kota kebudayaan, kota pelajar, dan kota pariwisata. Selain terkenal dengan budaya dan wisata alamnya, Jogja juga dikenal oleh para wisatawan dengan sajian kulinernya. Rasanya yang nikmat membuat berbagai suguhan yang autentik kota ini tidak boleh dilewatkan oleh para traveller.

Ada banyak kuliner khas Jogja yang wajib dicoba ketika menginjakkan kakinya di kota ini. Sebut saja gudeg, sate klatak, soto, bakpia, hingga aneka camilan dan sajian kopi yang semuanya menggiurkan.

Baca juga: 3 Resep Kuliner Tradisional Indonesia yang Rasanya Autentik

Berikut sejumlah kuliner yang dapat dinikmati oleh para wisatawan ketika mengunjungi Yogyakarta dirangkum dari laman Pemerintah Provinsi Yogyakarta:

1. Sate Klathak
Sate merupakan salah satu makanan khas yang ada di Indonesia. Sejumlah daerah di dalam negeri ini memiliki sajian yang berbeda-beda terkait dengan sajian daging yang ditusuk oleh kayu dan dibakar di atas arang ini.

Sementara sate klathak adalah daging kambing yang ditusuk dengan besi jeruji sepeda, biasanya sate menggunakan tusuk dari bambu. Kemudian, dibakar dan dibumbui secara sederhana. Daging yang digunakan adalah daging kambing muda.

Pemberian nama sate klathak berdasarkan dari bunyi “klatak” yang muncul dalam proses pengolahannya. Suara itu muncul ketika daging kambing muda yang dibuburi garam bertemu dengan panas atau api ketika dibakar.

2. Gudeg
Kuliner lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan ketika mengunjungi Yogkayarta adalah gudeg. Satu porsi makanan ini biasanya terdiri dari kuah areh, sambal krecek, nasi, gudeg nangka, dan lauk pauk lainnya seperti ayam atau telur.

Makanan ini biasanya memiliki rasa yang manis dan nikmat. Tidak sulit bagi wisatawan untuk menemukan gudeg lantaran banyak tersedia dari pagi sampai malam.
 
1
2


SEBELUMNYA

Selangkah Lagi, ONIC vs Blacklist International Berebut Juara di Grand Final MSC 2023 Hari Ini

BERIKUTNYA

5 Candi yang Instagramable di Sepanjang Rute Mandiri Jogja Marathon 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: