Nasi Campur Ayam di Warung Bali Pak Gede. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Mencicipi Lezatnya Nasi Campur Ayam di Warung Bali Pak Gede

15 October 2023   |   14:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya, Bali juga tersohor berkat deretan kuliner khasnya. Salah satu hidangan yang populer di Pulau Dewata adalah Nasi Campur Bali. Seperti namanya, dalam sepiring nasi campur, kalian akan menjumpai nasi dengan beragam lauk pauk yang menggugah selera.
 
Lauk pauk itu umumnya berupa ayam bumbu khas Bali, sayuran, telur, kerupuk kulit, sambal matah, dan sate lilit. Menu satu ini bisa dinikmati dengan mencampur semua lauknya dengan nasi, ataupun memakannya secara satu-persatu.
Tak perlu jauh-jauh ke Bali, Genhype bisa menikmati seporsi nasi campur dengan rasa yang lezat di Jakarta. Di selatan Ibu Kota, ada sebuah warung yang khusus menjajakan nasi campur khas Bali bernama Warung Bali Pak Gede Fatmawati.

Kelezatan menu yang dihidangkan membuat tempat makan satu ini viral di media sosial dan didatangi banyak pelanggan dari berbagai daerah. Bahkan, warung satu ini juga telah banyak disambangi sekaligus diulas oleh sejumlah food vlogger, dan acara-acara kuliner kenamaan di televisi.
 

B

Suasana di Warung Bali Pak Gede. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Hypeabis.id belum lama ini berkesempatan untuk mengunjungi dan mencicipi langsung kenikmatan nasi campur di Warung Bali Pak Gede. Untuk diketahui, lokasi warung ini berada Jl RS Fatmawati Raya No 33D Cipete Jakarta Selatan.
 
Tempat makan satu ini berdiri di salah satu ruko dengan luas yang tidak terlalu besar. Namun, lokasinya sangat strategis untuk dijangkau menggunakan transportasi umum lantaran berada dekat dengan stasiun MRT Fatmawati. Kalian hanya perlu berjalan sekitar 2 menit dari stasiun.

Warung Bali Pak Gede hanya menjual tiga menu nasi campur dengan pilihan daging ayam, daging sapi, atau campuran dari keduanya. Harganya pun relatif terjangkau hanya sekitar Rp30.000 untuk seporsi nasi campur yang lengkap dan mengenyangkan.
 
Hypeabis.id memesan menu nasi campur komplit daging ayam. Dalam sepiring hidangan tersebut, terdiri dari nasi, ayam suwir bumbu betutu khas Bali, ayam goreng, tumis kacang, irisan timun, sate ayam, sate lilit, kulit ayam krispy, kacang tanah goreng, sambal embe, dan sambal matah.
 

Nasi Campur Ayam di Warung Bali Pak Gede. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Nasi Campur Ayam di Warung Bali Pak Gede. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

 
Menariknya, nasi yang disajikan dalam menu tersebut ialah campuran dari nasi merah dan putih, sehingga lebih sehat. Salah satu lauk yang menonjol ialah ayam suwir bumbu betutu yang kaya akan rasa rempah-rempah dengan sensasi rasa pedas yang menggugah. Daging ayamnya sangat juicy dengan bumbu yang meresap kuat.

Tak ketinggalan, kulit ayam yang gurih dan krispy juga menambah tekstur serta rasa dari hidangan ini. Kulit ayamnya garing dan tidak berminyak sama sekali, sehingga nyaman untuk dinikmati bersama lauk yang lain dalam satu suapan. Semua itu kian lengkap dengan sayur kacang hijau dan timun, serta sambal matah dan embe yang menyempurnakan hidangan.

Lauk lain yang juga meninggalkan kesan ialah sate lilit dan sate ayam. Meski menggunakan bumbu yang berbeda, kedua sate itu memiliki rasa gurih dan smockey yang khas dari makanan dengan proses dibakar. Potongan daging ayamnya juga cukup besar, sehingga menikmati satu tusuk saja sudah memanjakan lidah.
 

H

Suasana di Warung Bali Pak Gede. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Dari segi porsi, nasi campur ini juga terbilang ideal lantaran tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Cocok untuk disantap saat jam makan siang sebagai makanan utama. Tak ayal, jika nyaris setiap pengunjung lahap menikmati nasi campur yang disajikan di Warung Bali Pak Gede.
 
Namun, jika kalian berkunjung ke tempat makan satu ini, usahakan untuk tidak berlama-lama duduk seperti mengobrol dan bersenda gurau setelah makan dengan teman atau kerabat. Pasalnya, ruang makan di Warung Bali Pak Gede tidak cukup luas sementara pelanggan silih berganti terus berdatangan.

Baca juga: Sekilas Perjalanan Bisnis Kuliner Sop Konro Karebosi yang Bertahan Hingga Tiga Generasi
 
Di samping itu, ruang makan di warung tersebut juga bisa dibilang menyatu dengan dapur mereka, sehingga jika berkunjung pada siang hari akan terasa gerah bahkan panas. Namun, semua itu terbayar dengan seporsi nasi campur yang lezat dan memanjakan lidah. 
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Trofi & Maskot Piala Dunia U-17 Dipamerkan di Bundaran HI, Bakal Hadir Juga di 3 Kota Lain

BERIKUTNYA

Cek Profil Lengkap Francesco Bagnaia yang Jadi Juara MotoGP Mandalika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: