Festival Kesenian Yogyakarta 2021

Yuk Ikutin 8 Kegiatan Seru di Festival Kebudayaan Yogyakarta

09 September 2021   |   19:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) kembali akan digelar tahun ini. Diberi judul Mereka Rekam, festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 16 September hingga 7 Oktober 2021 secara daring melalui situs resmi FKY. Dalam perhelatan tahun ini, FKY mengusung visi Pencatatan Budaya.

Pencatatan budaya dalam festival tersebut merupakan suatu upaya untuk memberi ruang bagi subjek-subjek budaya yang hadir dalam mewakili semangat zamannya, yang mewakili sosok pelaku budaya, dan yang paling utama adalah yang memberikan semangat keberdayaan yang dapat dipelajari bersama.

Mulai dari presentasi riset, pameran, pertunjukan, wicara, kompetisi hingga highlight show, berikut ini delapan program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam FKY 2021. Simak yuk Genhype.

1. Pembukaan (16 September)
Pembukaan FKY 2021 dirancang dengan konsep seremoni digital di situs web www.fky.id. Publik diajak menelusuri berbagai konten yang dihadirkan untuk memberikan sebuah pengalaman baru di mana FKY 2021 akan dibuka untuk dan oleh publik secara mandiri.

2. Riset
Proses riset ini merupakan pembacaan kritis yang menjadi salah satu pijakan dalam mengapresiasi dan mencatat berbagai gerak dan fenomena kebudayaan di Yogyakarta. Pembacaan ini mencermati bagaimana pengembangan kebudayaan dilakukan secara berkesinambungan, terus-menerus, dengan tetap berdasar pada jejak akar kepribadian diri sendiri yang telah berlangsung sejak dulu.

3. Pameran
Pameran berfungsi sebagai publikasi atas pengetahuan dan produk budaya yang dihasilkan oleh masyarakat melalui pengalaman hidup harian dan praktik kebudayaan yang dijalani selama ini. Sebuah ruang untuk menghadirkan artefak pengetahuan dan produk kebudayaan masyarakat yang tidak terbatas pada benda karya seni. Sebuah catatan pengetahuan dalam bertahan dan merawat hidup melalui kolaborasi seniman, penulis, dan warga.
 

Festival Kesenian Yogyakarta 2021 "Mereka Rekam" (Dok. FKY)

Festival Kesenian Yogyakarta 2021 "Mereka Rekam" (Dok. FKY)



4. Pertunjukan
Pertunjukan FKY 2021 melangkah dan berpijak pada kata kunci koreografi dan performativitas dengan menghadirkan temuan atas dinamika kebudayaan yang dicatat melalui berbagai bentuk pertunjukan. Pertunjukan ditampilkan dengan bertumpu pada kesadaran komunikasi publik yang informatif, kritis tetapi menghibur, sekaligus menjadi arsip atau catatan yang akan selalu bisa diakses oleh publik hingga masa mendatang.

5. Wicara
Wicara berfungsi menguji gagasan atas praktik dan fenomena kebudayaan di Yogyakarta dengan menghadirkan narasumber terkait di bidangnya. Program ini menjembatani pelbagai subjek untuk mengartikulasikan gagasan dan kinerja mereka dalam lanskap kebudayaan di Yogyakarta.

6. Kompetisi
Kompetisi disusun sebagai program yang menampung keterlibatan warga untuk turut mempraktikkan semangat pencatatan kebudayaan dalam medium video, foto, dan rekaman suara. Program Kompetisi terdiri dari 5 kategori, yakni Video Tembang Dolanan Anak, Vlog Kuliner Warisan, Podcast Situs Bersejarah, Cipta Lagu Anak, dan Foto Cerita Kegiatan Budaya.

7. Highlight Show
Highlight Show dihadirkan melalui tajuk Reuni Komunitas Alamanda. Pemilihan ini didasari pada pemahaman mengkerangkai musik melalui grup sebagai salah satu representasi perkembangan dan catatan atas musik itu sendiri. Program ini menghadirkan kolaborasi antara Komunitas Alamanda dengan band anak di Yogyakarta dan pertunjukan alih medium lewat sastra oleh seniman Gunawan Maryanto.

8. Penutupan (7 Oktober)
FKY 2021 ditutup dengan laporan penyelenggaraan, seremonial penghargaan kompetisi, dan pertunjukan akhir dalam situs web. Penutupan dirancang dengan kemungkinan penggunaan cara tutur kreatif melalui eksplorasi medium video dalam presentasi pertunjukan yang melibatkan unsur komedi dan musik.

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Ini Dia Segudang Manfaat Yogurt Sebagai Camilan Kala Pandemi

BERIKUTNYA

Cari Rahasia Awet Muda dan Bisa Hidup Lebih Lama, Jeff Bezos Dicemooh Elon Musk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: