Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Intip Deretan Fitur Canggih Apple Vision Pro, Kamera AR Anyar Berharga Fantastis

06 June 2023   |   15:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Perusahaan teknologi ternama, Apple kembali menghebohkan internet dengan perilisan kamera berbasis Augmented Reality (AR) pertama mereka yang dinamai Apple Vision Pro. Teknologi teranyar Apple tersebut diluncurkan dalam acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023.

Apple Vision Pro diperkenalkan pada Senin (5/6/2023) di hadapan penggiat teknologi seluruh dunia. Di antara deretan agenda gebrakan terbaru Apple, kehadiran Apple Vision Pro memang menjadi salah satu daya tarik terbesar.

Pasalnya, kamera AR ini dirancang sempurna dalam memadukan dunia fisik manusia dengan konten digital, sehingga penggunaannya bisa tetap hadir di ruang nyata dan digital sekaligus. CEO Apple, Tim Cook mengatakan jika kehadiran Apple Vision Pro menandai dimulainya era baru dalam dunia komputansi.

Baca juga: 5 Gebrakan Terbesar Apple di WWDC 2023, Mulai Apple Vision Pro hingga Peluncuran iOS 17

“Apple Vision Pro memperkenalkan kami pada komputasi spasial. Dibangun berdasarkan inovasi Apple selama beberapa dekade, Vision Pro jauh lebih maju dan tidak seperti apa pun yang dibuat sebelumnya,” terang Tim Cook dikutip dari keterangan pers di laman Apple.

Untuk berbagai kecanggihan yang ada, Apple Vision Pro dibanderol mulai harga US$3.499 atau setara Rp51 juta yang akan rilis awal 2024 mendatang. Berikut beberapa fitur canggih yang dikembangkan Apple Vision Pro:
 

Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

 

1. Usung visionOS

visionOS merupakan sistem operasi baru yang disematkan dalam perangkat Apple Vision Pro. Sistem ini dirancang untuk mengubah cara interaksi pengguna secara digital, mulai dari menyaksikan siaran film hingga terhubung secara real time dengan orang lain lewat FaceTime. visionOS dibuat dengan basis 3D yang membuat tampilan berbagai fitur muncul dalam waktu bersamaan.

Sistem ini bekerja dengan cara merespons cahaya alami kemudian membuatnya jadi bayangan dinamis. Pengguna bisa mengendalikan sistem input dengan kedipan mata, jentikan tangan, hingga penggunaan suara untuk menghadirkan lingkungan antarmuka yang nyata.
 

2. Resolusi Layar Mendukung Fitur Hiburan

Apple Vision Pro dapat menciptakan layar beresolusi 4K dengan tampilan yang besar dan portabel. Dua layar beresolusi tnggi ini bsa menciptakan tamoilan hiburan ala bioskop dengan lebar 100 kaki didukung audio spasial yang canggih. Dengan resolusi ini, pengguna bisa menyaksikan film 3D. Apple Vision Pro datang dengan teknologi micro-OLED dengan 23 juta piksel yang terbagi menjadi dua layar.

Terobosan juga didukung dengan lensa katadioptrik khusus yang memungkinkan ketajaman dan kejernihan tampilan. Begitu pula dengan hiburan jenis game, di mana penggunanya bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang terasa benar-benar nyata.

Apple Vision Pro turut mendukung 100 game Apple Arkade yang bisa dimainkan lewat ‘kacamata’ AR dengan dukungan audio yang imersif.

Baca juga: Makin Tipis, Intip Tampilan MacBook Air Berukuran 15 Inci yang Segera Dirilis Apple
1
2


SEBELUMNYA

Menikmati Panorama Senja di Pantai Karang Hawu Sukabumi

BERIKUTNYA

Mencicipi Ragam Kuliner Pecinan Nusantara, Ada Ketupat Cieng dan Es Puter Conglik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: