Pantai Karang Hawu Sukabumi (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Menikmati Panorama Senja di Pantai Karang Hawu Sukabumi

06 June 2023   |   14:59 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Karang Hawu di Sukabumi, Jawa Barat menjadi tempat wisata pantai pilihan, khususnya untuk menikmati keindahan tenggelamnya mentari menjelang malam. Sesekali gulungan ombak memecah batuan karang dan menghempas pasir putih di sepanjang garis pantainya, ditambah semilir anginnya yang menyejukkan.

Kala senja tiba, mentari yang terbenam di ufuk barat pantai tersebut menjadi momen yang sayang sekali untuk dilewatkan. Namun, di balik keindahan panoramanya, sejak dulu pantai Karang Hawu kental dengan nuansa mistisnya.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Pemandangan Pantai Soge Pacitan Kece Badai

Misalnya mitos legendaris mengenai wanita penguasa Pantai Selatan. Meski begitu perairan yang dikenal dengan sebutan ‘Pantai Nyi Roro Kidul’ itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penasaran.

Pantai Karang Hawu sendiri berlokasi di Caringin, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jarak tempuhnya kurang lebih 75 kilometer atau sekitar 2 jam apabila berangkat dari pusat kota Sukabumi. Kawasan ini dinamakan Karang Hawu, lantaran di area pantainya terdapat sebuah batu karang yang menjorok ke laut dan memiliki lubang besar menyerupai tungku atau hawu dalam bahasa sunda.

 

Pantai Karang Hawu (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


Selain menikmati panorama alamnya yang indah, ada banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati wisatawan. Misalnya berfoto di spot-spot kekinian dan instagramable, seperti tulisan ‘Karanghawu Beach’ yang menampilkan keindahan pantai dan bebatuan karang besar sebagai latar belakangnya. Terlebih di malam hari, ada lampu-lampu cantik yang dipasang untuk menerangi huruf-huruf tersebut.

Adapun, di seberang jalan terdapat gazebo bertingkat yang disebut Mezzanin Gazebo, cocok untuk wisatawan yang ingin mengambil foto dari ketinggian. Di kawasan pantai sebelah timur ada juga sebuah gerbang dengan desain menyerupai sirip ikan.

Bagi yang ingin merasakan pengalaman bermain air, boleh saja berenang di sekitar pantai apabila ombaknya cukup kecil. Seluruh aktivitas di sekitar area tersebut juga diawasi oleh penjaga pantai untuk memastikan keselamatan wisatawan.
 

Pantai Karang Hawu (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Pantai Karang Hawu (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


Selain berenang, tersedia juga berbagai wahana permainan air seperti serfing, jetski, dan banana boat, untuk menaikinya wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp35.000. Bagi yang ingin memancing bisa menyewa kapal nelayan.

Setelah asyik bermain di pantai, wisatawan bisa menginap di villa, hotel, resort, atau camping area dengan pemandangan langsung ke laut.

Dari segi kulinernya pun tak mengecewakan, ada banyak warung makan yang menyajikan aneka hidangan makanan laut seperti ikan, cumi, udang, dan kepiting. Unggulannya adalah ikan bakar yang diberi perasan jeruk lemon. Lebih nikmat lagi disantap pakai nasi, lalapan kemangi atau kol, ditambah sambal kecap dengan irisan cabai.

Porsi yang disajikan pun cukup besar, karena memang tempat makan di sana memiliki konsep yang cocok untuk keluarga dan rombongan wisatawan. Destinasi wisata pantai Karang Hawu sendiri di buka untuk umum setiap harinya selama 24 jam. Tiket masuknya gratis, tetapi bagi pengunjung yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

19 Tipe iPhone yang Kebagian iOS 17, Begini Cara Instalnya

BERIKUTNYA

Intip Deretan Fitur Canggih Apple Vision Pro, Kamera AR Anyar Berharga Fantastis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: