Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple Vision Pro Resmi Dirilis 2 Februari 2024, Cek Harga Resminya

10 January 2024   |   19:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Era komputasi spasial kian nyata dengan maraknya perusahaan teknologi yang merilis perangkat mixed-reality. Salah satu perusahaan terdepan di industri ini, Apple pun merilis perangkat serupa dengan produk Apple Vision Pro, sebuah perangkat headset berbasis komputasi spasial  yang ikut meramaikan pasar masa depan teknologi.

Apple Vision Pro perdana diumumkan dalam agenda Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 5 Juni 2023 lalu. Pengumuman perangkat terbaru tersebut menjadi topik yang paling hangat dibicarakan jagat maya selama beberapa pekan setelahnya. Kala itu, Apple hanya memberi sedikit kisi-kisi mengenai tampilan dan fungsi Apple Vision Pro. Namun, detail fiturnya belum terlalu detail dijelaskan.

Baca juga: Perbandingan Fitur & Spesifikasi Apple Vision Pro vs Meta Quest 3

Setelahnya, Apple mengumumkan berbagai deretan fitur canggih untuk perangkat augmented reality (AR) anyar tersebut. Beberapa fitur yang langsung sukses menyedot atensi publik adalah fitur dukungan aktivitas kerja dan hiburan yang terintegrasi  dengan teknologi canggih.

Pengguna dapat mengoperasikannya dengan gerakan yang minim, termasuk dalam menciptakan interaksi berbasis spasial melalui audio dan visual. Ini memungkinkan penggunanya bisa memaksimalkan aktivitas kerja hingga berkonten.

Misalnya untuk aktivitas kerja, Apple Vision Pro mengintegrasikan ragam aplikasi kolaboratif untuk menunjang produktivitas penggunanya. Sehingga, aplikasi-aplikasi yang terbuka dapat muncul berdampingan pada skala yang prioritasnya bisa dtentukan sendiri oleh pengguna. Fitur ini mendukung kemampuan multitasking yang ideal dan terpersonalisasi bagi tiap penggunanya.

Apple Vision Pro memadukan konten digital dengan dunia fisik untuk memberi pengalaman spasial dalam dunia teknologi. Konsep mix-reality ini bisa membuat penggunanya terus terhubung  dan berinteraksi dalam dunia maya.

Software visionOS dalam Apple Vision Pro dirancang untuk mengaktifkan navigasi dan interaksi pengguna dengan konten spasial. Sehingga, sistem inputnya bisa dikontrol dengan indera mulai dari mata, hingga suara. Pengguna bisa menelusuri aplikasi hanya dengan melihatnya, mengetukkan jari untuk memilih, hingga menjentikkan pergelangan untuk menggulir. 


Dibanderol Rp54 Juta

 

Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Sesuai rencana rilis yang diinformasikan Apple pada WWDC 2023, Apple Vision Pro sudah bisa dinikmati konsumennya pada awal 2024 ini. Baru-baru ini, Apple memberi rincian tanggal terkait waktu pre-order dan rilis publik untuk produk Apple Vision Pro. Melansir laman Apple, warga Amerika Serikat akan menjadi negara pertama yang dapat menikmati perangkat ini.

Apple Vision Pro akan tersedia di seluruh Apple Store Amerika Serikat mulai 2 Februari 2024. Penjualannya juga akan tersedia secara online di situs Apple Store Amerika Serikat. Sebelum membuka penjualan publik, Apple juga mengumumkan akan membuka pre-order yang bisa dilakukan mulai 19 Januari 2024.

Di Amerika Serikat, Apple akan menjual Apple Vision Pro dengan harga yang bervariatif, dimulai dari harga US$3,499 atau setara Rp54 juta untuk versi terendah. Perangkat kacamata AR Apple ini juga akan dijual dengan ukuran penyimpanan mulai dari 256GB. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar lebih lanjut mengenai jadwal kemungkinan perilisan Apple Vision Pro di Indonesia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Harga Mobil Listrik MG yang Dirakit di Indonesia

BERIKUTNYA

Intip Keunggulan Jajaran Laptop Asus ROG yang Siap Rilis Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: