Apple Vision Pro dikenalkan di agenda WWDC 2023 (Sumber gambar: Apple)

5 Gebrakan Terbesar Apple di WWDC 2023, Mulai Apple Vision Pro hingga Peluncuran iOS 17

06 June 2023   |   18:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Apple kembali mempresentasikan ragam teknologi terbaru di World Wide Developers Conference (WWDC) 10 2023. Agenda ini berlangsung di Apple Park, California, Amerika Serikat mulai 5-9 Juni 2023. WWDC tahun ini tampaknya membayar dahaga para penikmat teknologi.

Pasalnya, Apple mengumumkan deretan gebrakan baru yang selama ini sudah lama dinantikan. Selain peluncuran iOS sebagai sistem operasi terbaru perangkat-perangkat Apple, raksasa teknologi ini resmi mengumumkan kamera Augmented Reality (AR) terbaru mereka yang dinamai Apple Vision Pro.

Baca juga: Intip Deretan Fitur Canggih Apple Vision Pro, Kamera AR Anyar Berharga Fantastis

Perangkat ini sontak menjadi perbincangan di internet. Berikut rangkuman mengenai gebrakan terbesar Apple di WWDC 2023:
 

1. Apple Vision Pro

Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple Vision Pro (Sumber gambar: Apple)

Kamera AR berpadu dengan Virtual Reality (VR) akhirnya dihadirkan dalam Apple Vision Pro. Teknologi ini telah lama dirancang dan disempurnakan oleh Apple. Teknologi ini dibuat untuk menggabungkan pengguna dalam dunia nyata dan digital secara bersamaan. Pengalaman antarmuka ini mendorong konten dan interaksi spasial.

Apple Vision Pro memungkinkan penggunanya melihat rupa penelpon melalui fitur Persona di FaceTime, melakukan kegiatan digital dengan latar dunia nyata, dan membuat pengguna bisa melakukan pekerjaan secara multitasking. Apple Vision Pro akan melibatkan jentikan jari, kedipan mata, dan lainnya untuk membuat pengguna merasakan dunia digital dan nyata secara bersamaan.
 

2. Perkenalan visionOS

Seiring dengan pengenalan Apple Vision Pro, Apple juga merilis sistem operasi yang mendukung jalannya perangkat ini. Sistem operasi di Apple Vision Pro itu dinamai visionOS. Perangkat lunak ini dirancnag khusus untuk menghadirkan dunia realitas dan virtual secara bersamaan. Sedikit berbeda dari sistem operasi perangkat Apple lainnya,

visionOS dibuat untuk menavigasi sistem lewat pelacakan indera penggunanya mulai dari mata, tangan, hingga suara. visionOS memungkinkan penggunanya melakukan interaksi dengan aplikasi Apple seperti Safari, FaceTime, foto, dan musik.
 

3. MacBook Air 15 Inci

MacBook Air 15 Inci (Sumber gambar: Apple)

MacBook Air 15 Inci (Sumber gambar: Apple)

Bukan hanya Apple Vision Pro yang dilirik, MacBook Air teranyar dari Apple juga tak kalah menjadi perhatian. MacBook Air ini berukuran dimensi layar besar hingga 15 inci dengan bobot sekitar 1,5 kg saja. Laptop baru ini diklaim sebagai laptop berukuran 15 inci dengan ketebalan paling tipis di dunia, mencapai 11,5 mm saja. MacBook dengan layar besar tampaknya menjadi jawaban Apple untuk pengguna dengan kebutuhan multitasking.

Dengan layar yang lebar, pengguna bisa melakukan banyak aktivitas secara bersamaan. Bagian aplikasi dan jendela juga bisa diatur otomatis, memungkinkan pengguna memahami pekerjaan yang menjadi prioritasnya di depan layar. Selain itu, MacBook Air 15 Inci juga dilengkapi dengan tingkat kecerahan 15000 nits dan 1 miliar warna. Apple mengklaim laptop ini memiliki masa pakai baterai hingga 12 jam. MacBook Air 15 Inci bisa didapatkan di seluruh toko resmi Apple mulai 16 Juni 2023 dengan harga US$1,299 atau sekitar Rp19 juta.
 

4. Aplikasi Penjurnalan

Apple turut mengenalkan aplikasi terbaru mereka yang dinamai Jurnal. Aplikasi ini mendorong penggunannya untuk menuangkan pikiran, kata, guratan, dan rencana di dalamnya. Apple sendiri mengakui jika Jurnal akan berfokus pada kesehatan mental. Ini bisa menjadi wadah pencatatan pribadi tentang aktivitas penggunanya.

Aplikasi bawaan Apple ini direncanakan akan rilis di akhir 2023. Mengenai privasi, Apple mengamankan aplikasi ini dengan enkripsi end-to-end dan log yang tersimpan lokal sehingga data terjaga dengan baik.
 

5. Fitur Baru iOS17

Di WWDC 2023 ini, Apple juga mengumumkan peluncuran perangkat lunak iOS17. Selain menambahkan aplikasi penjurnalan,  fitur personalisasi informasi penting juga dihadirkan untuk membuat pengguna merasakan teknologi yang semakin private. Tampilan telepon masuk juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan kontaknya sehingga berkesan lebih menarik.

Ada pula fitur transkrisi pesan suara atau Live Voicemail, pembaruan keyboard, dan yang paling menarik adalah NameDrop. Fitur NameDrop merupakan dukungan lain dari AirDrop. Fiturnya semakin disempurnakan untuk mengirim informasi kontak. Pengguna bisa saling mengirim email, bertukar nomor telepon, atau kontak lainnya hanya dengan mendekatkan dua perangkat iPhone saja.

Apple juga resmi menjatuhkan kata Hei dari frase Hei Siri untuk meminta bantuan pada asisten virtual, sehingga pengguna hanya perlu menyebut Siri untuk memicunya bersuara.

Baca juga: Bocoran Produk Apple yang Diprediksi Muncul di WWDC 2023, Chip M2 Ultra hingga Headset AR/VR

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik tentang Sherpa, Lebih dari Sekadar Penunjuk Jalan

BERIKUTNYA

Viral Karena Lebih Pedas dari Gacoan, Cek Resep Mi Jebew Khas Garut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: