MacBook Air 15 Inci (Sumber gambar: Apple)

Makin Tipis, Intip Tampilan MacBook Air Berukuran 15 Inci yang Segera Dirilis Apple

06 June 2023   |   19:40 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Apple mulai serius membuat gebrakan di jajaran teknologi anyarnya. Selain menghadirkan Apple Vision Pro yang membuat publik antusias, Apple juga akan meluncurkan laptop berukuran besar dengan desain yang tipis dan ringkas. MacBook Air dengan ukuran 15,3 inci, dibekali Liquid Retina dan kinerja dari M2.

Apple mengeklaim jika MacBook Air terbaru ini menjadi laptop berukuran 15 inci paling tipis di dunia. “Dari layar Liquid Retina yang luas dan desain yang sangat tipis dan tanpa kipas, hingga masa pakai baterai yang luar biasa dan sound system enam speaker yang imersif, MacBook Air baru memiliki semuanya,” terang John Ternus, Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Keras Apple dikutip dari keterangan resmi di laman Apple.

Baca juga: 5 Gebrakan Terbesar Apple di WWDC 2023, Mulai Apple Vision Pro hingga Peluncuran iOS 17

MacBook Air terbaru ini diperuntukan bagi pengguna untuk melihat banyak konten. Fitur Liquid Retina hadir dengan kecerahan hingga 500 nits dengan dukungan sekitar 1 miliar warna.

Ini membuat tampilan dua kali resolusi lebih besar dengan keterangan yang lebih meningkat sekitar 25 persen dari laptop berukuran 15 inci lainnya. Namun yang paling dibanggakan Apple dari peluncuran MacBook Air terbaru ini adalah ketipisannya.
 

MacBook 15 Inci (Sumber gambar: Apple)

MacBook 15 Inci (Sumber gambar: Apple)


Tampaknya, Apple memahami kebutuhan pasar yang semakin mengincar desain laptop yang praktis. Dengan ketebalan 11,5 mm saja, MacBook Air memiliki berat sekitar 1,5 kg saja. Meski tipis dan ringan, MacBook Air diklaim lebih kokoh dan tahan lama.

Bukan hanya mengandalkan desain, MacBook Air terbaru dirilis dengan chip M2 dengan pemrosesan 12 kali lebih cepat dari jajaran MacBook Air lainnya. Apple mengklaim, Chip M2 dalam laptop ini membuat kinerja laptop dua kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Core i7.

Chip M2 ini membuat beban kerja untuk berbagai keperluan berjalan lancar meski aplikasi digunakan bersamaan. Laptop ini juga dibekali CPU 8 yang bertenaga dan GPU 10 untuk menampilkan grafis.

Apple juga memahami persoalan masa pakai baterai para pengguna MacBook. Kali ini, laptop anyar Apple ini akan dirilis dengan masa pakai baterai hingga 18 jam, setingkat 50 persen lebih lama daripada penggunan di PC. Selain itu, kamera MacBook Air hadir dengan HD FaceTime 1080p dan sistem suara lewat enam speaker.
 

MacBook 15 Inci (Sumber gambar: Apple)

MacBook 15 Inci (Sumber gambar: Apple)


Untuk sistem operasi, laptop anyar ini akan dibekali dengan macOS Ventura. Sistem operasi ini juga mendukung aktivitas multitasking mulai dari membuka email, berseluncur di browser, dan bermain game. Fitur Stage Manager juga bisa membuat aplikasi dan jendela teratur secara otomatis sehingga pengguna bisa berkonsentrasi pada pada satu kerja dan tetap bisa melihat kerja lainnya dalam sekali pandang.

Dengan berbagai fitur tersebut, MacBook Air berukuran 15 inci ini akan rilis dengan harga US$1.299 ata setara Rp19,3 juta di Amerika Serikat. Meski demikian, harga MacBook Air 15 inci di Indonesia masih belum diumumkan. MacBook Air 15 inci akan rilis di seluruh toko resmi dan partner Apple mulai 13 Juni 2023 mendatang.

Baca juga: Intip Deretan Fitur Canggih Apple Vision Pro, Kamera AR Anyar Berharga Fantastis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mencicipi Ragam Kuliner Pecinan Nusantara, Ada Ketupat Cieng dan Es Puter Conglik

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik tentang Sherpa, Lebih dari Sekadar Penunjuk Jalan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: