Pemanasan global membuat es di kutub utara dan selatan mencair (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Guillaume Falco)

5 Film yang Pas Ditonton untuk Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

05 June 2023   |   10:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 5 Juni, dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperingati hari yang dibuat untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya lingkungan hidup itu. Salah satunya adalah dengan menonton film bertema lingkungan. 

Pada saat ini, sejumlah sineas film di dunia telah membuat film-film bertema lingkungan hidup. Karya itu menggambarkan bagaimana konsekuensi yang harus dihadapi oleh umat manusia ketika lingkungan tempat mereka hidup tidak baik-baik saja.

Salah satunya adalah pemanasan global yang menyebabkan cairnya es di kutub utara dan selatan. Sineas menggambarkan bahwa kondisi itu menciptakan gelombang besar air laut yang meluluhlantahkan daratan. Selain itu, ada banyak isu yang diangkat dalam sebuah film yang punya tema lingkungan dan alam. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film-film yang dapat menjadi tontonan dalam merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia versi Hypeabis.id

Baca juga: 5 Tip Agar Jadi Pelancong Ramah Lingkungan saat Traveling


1. The Day After Tomorrow (2004)


Film pertama yang dapat menjadi tontonan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah The Day After Tomorrow yang rilis pada 2004. Karya garapan sutradara Roland Emmerich itu bercerita tentang seorang paleoclimatologist bernama Jack Hall yang berusaha menyelematkan sang anak. 

Dalam ceritanya, Jack yang berada di Antartika menemukan bahwa lapisan es yang sangat besar telah patah. Namun, dia tidak tahu bahwa kejadian itu dapat memicu perubahan iklim besar-besaran yang akan memengaruhi populasi dunia.

Sejumlah rangkaian bencana terkait cuaca terjadi di seluruh dunia, termasuk hujan yang tidak berhenti selama tiga hari berturut-turut di New York, Amerika Serikat. Pada akhirnya, semua orang menyadari bahwa dunia akan memasuki zaman es baru. 
 

2. Before The Flood (2016) 


Selain The Day After Tomorrow, karya lainnya yang dapat menemani Genhype dalam merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah Before The Flood. Film dokumenter ini mendapatkan arahan dari Sutradara Fisher Stevens dan diperankan oleh aktor ternama Leonardo DiCaprio.

Karya ini menyuguhkan pandangan tentang bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi lingkungan tempat tinggal manusia, dan apa yang dapat dilakukan oleh masyarakat guna mencegah kematian spesies, ekosistem, dan komunitas asli yang terancam punah di seluruh planet ini.

Karya yang memiliki durasi tayang 1 jam 36 menit itu berhasil membawa pulang piala di penghargaan Hollywood Film Awards untuk kategori Documentary of the Year pada 2016.

Baca juga: Ini 6 Musisi yang Menyuarakan Semangat Ramah Lingkungan & Berkelanjutan
1
2


SEBELUMNYA

Dijual Mulai Siang Ini, Catat Syarat Pembelian Tiket Indonesia vs Argentina

BERIKUTNYA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 5 Wisata Alam di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: