Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata alam di sekitar Jabodetabek (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Mujiyono SPt)

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 5 Wisata Alam di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

05 June 2023   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pergi mengunjungi destinasi wisata alam bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Dengan begitu, maka kita dapat mengerti alasan harus tetap menjaga lingkungan.

Genhype yang tinggal di sekitar Jabodetabek tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati destinasi wisata alam, sebagai upaya untuk memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya. 

Kalian dapat tetap menemukan destinasi wisata alam yang indah dan memesona baik gunung, hutan, maupun lautan. Di destinasi itu, Kalian bisa berinteraksi dengan alam dan akan mengetahui betapa pentingnya menjaga kelestarian mereka, termasuk tidak membuang sampah sembarangan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata alam di sekitar Jabodetabek yang dapat menjadi tujuan versi Hypeabis.id

Baca juga: 4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu


1. Kepulauan Seribu

Pantai di Pulau Seribu (Sumber: Wikimedia Commons/Michael.starlight)

Pantai di Pulau Seribu (Sumber: Wikimedia Commons/Michael.starlight)

Wisata alam pertama yang dapat menjadi tujuan adalah Kepulauan Seribu, yang merupakan kumpulan pulau yang terletak di utara Jakarta. Di tempat ini, ada banyak spot yang bisa dinikmati oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan laut dan ekosistem yang ada di dalamnya.

Salah satu spot yang dapat dikunjungi di Kepulauan Seribu guna merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah Pulau Tidung, baik besar maupun kecil. Di titik ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling, diving, bermain air, dan sebagainya.

Selain Pulau Tidung, spot lainnya adalah Pulau Pari. Pulau yang satu ini memiliki pasir pantai dan terumbu karang yang indah yang dapat membuat banyak orang sadar betapa penting menjaga kelestarian dan kealamiannya.

Tidak hanya itu, di Pulau Pari juga sejumlah kegiatan dapat dilakukan seperti berkeliling pulau, snorkeling, diving, dan mengunjungi lembaga penelitian biota laut yang ada di sana. Secara keseluruhan, setidaknya ada 10 pulau di Kepulauan Seribu yang dapat menjadi spot bagi Genhype untuk menikmati wisata alam. 
 

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk 

(Sumber: Jakarta Mangrove)

Taman Wisata Alam Angke Kapuk (Sumber: Jakarta Mangrove)

Desitnasi wisata alam lainnya di sekitar Jabodetabek adalah Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta. Tempat ini merupakan kawasan konservasi alam mangrove seluas 99,82 hektare yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Kawasan ini disebut pernah digarap oleh penambak liar, sehingga menghilangkan pepohonan, merusak alam, dan ekosistem mangrove yang ada. Namun, pemerintah mulai melakukan restorasi pada 1998 dan diresmikan pada 2010 oleh Menteri Kehutanan pada saat itu.

Baca juga: 5 Keseruan Wisata Alam Oasis, Tempat Liburan Ala Eropa di Sukabumi
1
2


SEBELUMNYA

5 Film yang Pas Ditonton untuk Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BERIKUTNYA

9 Bahan Dapur Ini Dipercaya Dapat Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: