Pemanasan global membuat es di kutub utara dan selatan mencair (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Guillaume Falco)

5 Film yang Pas Ditonton untuk Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

05 June 2023   |   10:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. A Plastic Ocean (2016) 


Sudah menjadi rahasia umum bahwa sampah plastik saat ini adalah salah satu musuh utama bagi lingkungan. Sifatnya yang susah terurai membuat sampah yang satu ini menjadi masalah serius ketika dibuang begitu saja.

Saat ini, sampah plastik tidak hanya berada di daratan. Sampah ini juga berada di lautan dan mengancam ekosistem yang ada di laut. Kisah tentang sampah plastik yang berada di lautan ini diangkat dalam film A Plastic Ocean rilisan 2016, yang bisa menjadi salah satu tontonan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Film dokumenter berdurasi 1 jam 42 menit itu mendapatkan arahan dari Sutradara Craig Leeson. Dalam karya tersebut, Craig bersama dengan penyelam, ilmuwan, dan peneliti menjelajahi 24 tempat selama 4 tahun guna mengungkap penyebab dan konsekuensi sampah plastik.

Dalam perjalanan itu, mereka menemukan beragam kejadian akibat sampah plastik di lautan. Salah satunya adalah kematian paus akibat menelan plastik selebar 6 meter persegi, sehingga tidak bisa makan dan mengalami gizi buruk.
 

4. Semes7a (2020)


Selain dari luar negeri, Genhype juga bisa menyaksikan karya bertema lingkungan hidup buatan sineas dalam negeri dengan judul Semes7a yang rilis pada 2020. Film dokumenter ini bercerita tentang 7 orang di 7 provinsi yang ada di Indonesia.

Mereka adalah individu inspiratif yang bergerak melawan krisis atau perubahan iklim sesuai latar belakang budaya dan agama dengan menjaga lingkungan dan sumber daya alam, hidup harmonis, dan sebagainya. Film ini mendapatkan arahan dari Sutradara Chairun Nissa dan masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia kategori Film Dokumenter Terbaik. 
 

5. Pulau Plastik (2021)


Film lainnya dari sineas dalam negeri tentang lingkungan hidup adalah berjudul Pulau Plastik. Film dokumenter yang rilis pada 2021 silam menceritakan tentang tiga individu dan perjuangannya melawan polusi plastik sekali pakai.

Ketiga individu itu menelusuri sejauh apa jejak sampah plastik menyusup ke dalam rantai makanan manusia, dampak terhadap kesehatan, dan cara mengatasi masalah polusi plastik tersebut. 

Baca juga: Yuk Lestarikan Lingkungan, Ini 7 Kiat Mudah Memulai Hidup Minim Sampah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Dijual Mulai Siang Ini, Catat Syarat Pembelian Tiket Indonesia vs Argentina

BERIKUTNYA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 5 Wisata Alam di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: