Ecotourisme Society adalah kegiatan wisata yang bertanggung jawab pada wilayah alam yang dikunjungi. (Sumber gambar: Unsplash/freestocks)

5 Tip Agar Jadi Pelancong Ramah Lingkungan saat Traveling

06 January 2023   |   17:24 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kegiatan traveling saat ini jamak dilakukan masyarakat dan sudah menjadi gaya hidup yang digemari anak-anak muda Indonesia. Adapun, salah satu yang populer adalah konsep eco-travel yang banyak diterapkan masyarakat seiring kesadaran mereka terhadap masa depan dan keberlangsungan bumi.

Konsep eco travel sendiri menurut Ecotourisme Society adalah kegiatan wisata yang bertanggung jawab pada wilayah alam yang dikunjungi. Sehingga para pelancong tidak hanya fokus menikmati destinasi wisata tujuannya saja, tapi juga turut menjaga kelestarian alam dan memberi dampak positif pada warga lokal.

Nah, bagi Genhype yang ingin tetap menjaga lingkungan sambil berwisata kalian juga bisa loh untuk ikut ambil andil dalam menjaga destinasi tujuan melancong kamu dengan mengikuti beberapa tip traveling ramah lingkungan yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber berikut.

Baca juga7 Tips Liburan dengan Konsep Ekowisata, Agar Traveling Kalian Lebih Bermakna


1. Gunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum saat traveling merupakan salah satu cara untuk turut menjaga lingkungan. Hal ini karena kendaraan bermesin menjadi salah satu penyumbang emisi gas terbesar di bumi. Jadi, kamu bisa meminimalisir emisi karbon dengan menggunakan transportasi umum. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Sebab, beberapa tempat wisata kini juga banyak yang menyewakan sepeda  untuk digunakan para pelancong. Selain ramah lingkungan, dengan cara tersebut kamu pun bisa menjelajahi destinasi wisata secara lebih dalam.


2. Bawa Alat Makan dan Minum 

Mayoritas sampah terbesar di bumi saat ini didominasi oleh sampah kemasan sekali pakai yang banyak digunakan untuk membungkus makanan atau minuman yang setiap hari dikonsumsi masyarakat. Termasuk salah satunya yang terbesar adalah penggunaan plastik.

Nah, untuk mencegah menumpuknya sampah plastik saat traveling, cobalah untuk membawa alat makan dan minums sendiri dari rumah. Selain dapat memudahkan kalian saat berwisata dengan penggunaan alat tersebut kamu juga turut berkontribusi pada lingkungan pastinya.


3. Tidak Buang Sampah Sembarangan

Menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah bukan hanya tanggung jawab pengelola wisata saja loh Genhype, tapi juga semua pihak termasuk wisatawan. Tentu saja ini dilakukan agar destinasi tersebut tetap nyaman saat dipandang.

Kamu pun bisa ikut berkontribusi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Meski terdengar sepele tapi jika kesadaran tersebut dilakukan semua pihak tentunya lingkungan destinasi wisata kalian bakal lebih terjaga keasriannya dan membuat para pelancong makin betah.


4. Gunakan Listrik Secukupnya

Kamu juga bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi emisi global dengan menghemat penggunaan listrik saat menginap di penginapan atau hotel. Beberapa caranya adalah dengan mematikan televisi jika tidak ditonton, mematikan lampu, dan AC saat tidak digunakan, dan yang lain.


5. Bawa Barang Secukupnya

Banyaknya barang bawaan bukan hanya berpengaruh pada biaya transportasi yang kalian keluarkan untuk bagasi, tapi juga pada emisi karbon yang digunakan pesawat. Sebab, semakin berat beban pesawat maka akan semakin besar pula emisi karbon yang dikeluarkan. Jadi, usahakan untuk membawa barang bawaan seminimalis mungkin yang pastinya bakal lebih memudahkan pergerakan kalian saat melancong.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tren Smartphone 2023: Layar Lipat, Ponsel Spesifik hingga Ekosistem Gawai

BERIKUTNYA

Yuk Cek 3 Tipe Produk Riasan Bibir, Jangan Salah Pilih!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: