Salah satu adegan dalam film anime Weathering With You (Sumber gambar: tangkapan layar laman Imdb)

10 Film Anime Paling Laris Sepanjang Masa: One Piece Hingga Howl's Moving Castle

04 June 2023   |   12:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film anime menjadi salah satu genre yang menjadi tontonan bagi segala kelompok usia. Kecintaan seseorang terhadap karya animasi bergaya Jepang tersebut membuat hampir setiap film yang dirilis ke pasar bisa memperoleh pendapatan yang sangat besar hingga menciptakan komunitas penggemar yang fanatik di dunia.

Pada saat ini, terdapat sejumlah film anime yang mampu menorehkan pendapatan hingga jutaan dolar Amerika Serikat. Karya-karya yang berhasil menarik para penonton itu tidak dapat dilepaskan dari karya dalam media lainnya, seperti gim, cerita komik, dan sebagainya.

Baca juga: Ini Fakta Anime Oshi No Ko Episode ke-4

Film anime tentang karakter kucing robot bernama Doraemon sebagai contohnya. Karakter ini sudah sangat terkenal lantaran sudah ada sejak lama dan tersedia dalam berbagai bentuk karya.

Kondisi itu  membuat film berjudul Stand by Me Doraemon menjadi salah satu karya anime yang paling laris dengan ratusan juta dolar Amerika Serikat. Stand By Me, Doraemon tidak sendirian. Tercatat, film anime lainnya juga berhasil berhasil menarik banyak penonton dan menjadi salah satu yang terlaris.

Dirangkum dari laman Comic Book Resource (CBR) dan sumber lainnya, berikut 10 film anime terlaris:


1. Demon Slayer The Movie: Mugen Train

Film anime pertama yang paling laris adalah Demon Slayer The Movie: Mugen Train. Dalam data CBR, film ini berhasil meraih US$507,1 juta. Karya yang penuh aksi ini dianimasikan oleh Ufotable dan mengacu kepada karya dari Koyoharu Gotouge.

Kesuksesan film ini disebut oleh CBR belum pernah terjadi sebelumnya dan berhasil memecahkan rekor karena melebihi harapan para penggemar. Para pecinta gim Demon Slayer dapat melihat adegan perkelahian berdarah yang tidak diperuntukkan bagi penonton anak-anak.


2. Spirited Away

Film anime terlaris kedua dalam data CBR adalah Spirited Away. Film ini berhasil memperoleh pendapatan sebesar US$395,8 juta. Karya Haya Miyazaki ini disebut-sebut sebagai film terbaik dari Studio Ghibli.

Spirited Away juga menerima Academy Award edisi 2003 untuk kategori Best Animated Feature. Dirilis pada 2001, film ini bercerita tentang anak usia 10 tahun bernama Chihiro yang berusaha menyelamatkan kedua orang tuanya.


3. Your Name

Your Name menjadi film anime lain dalam daftar CBR yang berhasil menjadi salah satu film paling laris dengan pendapatan US$382,3 juta. Karya anime ini mendapatkan arahan dari Sutradara Makoto Shinkai yang telah membuat sejumlah film anime.

Your name bercerita tentang tokoh siswa sekolah menengah bernama Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu. Keduanya menjalani kehidupan yang sangat berbeda. Namun, suatu hari Taki dan Mitsuha bertukar tubuh.

Karya ini disebut penuh dengan plot twist. Tidak hanya itu, Your Name juga disebut memiliki cerita berbasis karakter yang mengesankan para penggemar dan kritikus. Film ini disebut memiliki dialog yang dinamis, visual yang memukau, dan soundtrack yang indah.


4. Suzume

Dengan pendapatan sekitar US$320,2 juta, film anime Suzume menjadi salah satu film terlaris yang pernah dibuat. Film ini bercerita tentang karakter bernama lengkap Suzume Iwato, yakni seorang gadis sekolah menengah atas.

Dia berusaha menyelamatkan dunia dengan cara menutup pintu surealis. Pintu ini membuat alam semesta memiliki risiko menerima banyak bencana alam ketika dibiarkan terbuka. Tidak jauh berbeda dengan Your Name, Suzume juga merupakan karya Sutradara Makoto Shinkai.

Film yang rilis pada 2022 itu disebut-sebut sebagai gambaran pertumbuhan sang sutradara dalam membuat karya lantaran menyajikan karakter yang lebih dewasa jika dibandingkan dengan karakter dalam film anime Your Name.


5. One Piece Film : Red

One Piece Film : Red dengan pendapatan US$246,5 juta menjadi salah satu film anime paling laris pada saat ini dalam data CBR. Film ini bercerita tentang seorang penyanyi internasional dan teman masa kecil Luffy bernama Uta.

Baca juga: Mengenal Bentuk-bentuk Sulong dari Suku Mink Di Anime One Piece

Sang penyanyi disebut menjadi pemeran antagoinus utama dalam cerita One Piece Film : Red yang mendapatkan arahan dari Sutradara Gor? Taniguchi itu. Film ini dinilai merupakan karya yang wajib ditonton oleh penggemar One Piece dan pendatang baru.

1
2


SEBELUMNYA

Fakta Unik Lokananta, Didirikan dan Dihidupkan Kembali oleh Ketua PSSI

BERIKUTNYA

Penyebab dan Gejala Parkinson yang Perlu Menjadi Perhatian Milenial dan GenZ

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: