Timnas Argentina (Sumber gambar: Instagram.com/afaseleccion)

5 Fakta Laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina, Siap Semarakkan GBK 19 Juni 2023

28 May 2023   |   05:40 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (sepak bola Indonesia tengah bersiap menghadapi laga melawan Argentina dalam agenda FIFA Matchday yang akan digelar di dalam negeri. Ini merupakan laga uji coba resmi yang diselenggarakan atas kesepakatan FIFA selaku federasi sepak bola dunia.

Kali ini, sang juara Piala Dunia 2022 dijadwalkan menyambangi timnas di berbagai wilayah Asia untuk melakukan laga persahabatan. Argentina bakal melawan Australia dan Indonesia selama Juni 2023 mendatang. Indonesia sendiri akan menyambut skuad Argentina pada 19 Juni 2023 mendatang.

Sebelum laga mulai, simak dulu beberapa fakta laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina berikut ini. 

Baca juga: Media Argentina Klaim Kabar Lionel Messi Siap Main Lawan Indonesia di GBK
 

1. Jakarta jadi Tuan Rumah

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengumumkan jika Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk laga berharga antara Garuda Muda dengan Tim Tango. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Adapun pemilihan lokasi laga Indonesia vs Argentina ini ditetapkan setelah Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) menyetujui stadion itu masuk dalam kualifikasi lapangan yang mumpuni untuk laga FIFA Matchday. 

SUGBK sendiri sudah menyambut banyak event olahraga bergengsi dengan skala internasional selama berdiri. Beberapa kegiatan olahraga multitahunan yang pernah dihelat di tempat itu antara lain SEA Games 2011 dan Asian Games 2018.
 


2. Bukan Pertemuan Pertama

Penggemar sepak bola Tanah Air menyambut baik kedatangan skuad Argentina ke Indonesia. Bisa dibilang, merupakan sebuah sejarah berkesan bagi timnas Garuda menyambut Argentina bermain pertama kalinya di SUGBK, Jakarta. Namun sebetulnya, kesebelasan muda Indonesia punya sejarah pertemuan dengan Argentina sekitar 44 tahun yang lalu.

Kala itu, timnas Indonesia bahkan sempat merumput bersama pentolan Argentina, Diego Maradona yang mengisi formasi Argentina U-20 dalam pertandingan penyisihan Grup B Piala Dunia 1979. Laga itu menghasilkan skor akhir 5-0, tanpa perlawanan dan celah bagi tim Indonesia.

Namun dalam kelas senior, Indonesia belum punya riwayat bertemu dengan Argentina sepanjang sejarah. Laga FIFA Matchday pada 19 Juni 2023 itu akan menandai pertandingan senior perdana antara timnas Indonesia dan Argentina, yang tentunya bakal menarik perhatian para pencinta sepak bola Tanah Air. 

Baca juga: Gantikan Indonesia, Argentina Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 
1
2


SEBELUMNYA

Bisa Dimakan Langsung hingga Digoreng, Ini 6 Manfaat Pisang Raja yang Jarang Diketahui

BERIKUTNYA

7 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Korea Utara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: