Estadio Ciudad de La Plata, satu dari lima stadion yang disiapkan Argentina untuk Piala Dunia U-20 2023. (Sumber foto: Wikimedia Commons)

Gantikan Indonesia, Argentina Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

18 April 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar gembira sedang menyelimuti warga Argentina. Sebab, FIFA resmi menunjuk negara tersebut sebagai tuan rumah dari pentas akbar Piala Dunia U-20 2023. Argentina menggantikan Indonesia yang status tuan rumahnya dicabut oleh FIFA.

Pengumuman tersebut disampaikan FIFA lewat rilis resmi mereka. Sejak status tuan rumah Indonesia dicabut negara di kawasan Amerika Selatan ini memang langsung bergerak cepat mengirim proposal dan menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah pengganti. 

Baca juga: Bagaimana Nasib Sepak Bola Indonesia Setelah Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20? 

"FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa Piala Dunia U-20 tahun ini akan digelar di Argentina. Argentina sebagai rumah dari juara dunia akan membuka pintu bagi bintang-bintang masa depan di dunia sepak bola," kata Presiden FIFA Gianni Infantino.
 
 


Selain itu, Infantino juga mengucapkan terima kasih akan kesediaan dan keseriusan Argentina dalam menggelar Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, proses pengajuan hingga penunjukkan hanya berlangsung dalam durasi waktu yang terbatas.

“Saya ingin berterima kasih kepada AFA dan khususnya Presidennya Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu," imbuh Infantino.

Pemimpin federasi sepak bola internasional itu lalu menyebut Piala Dunia U-20 sebagai ajang penting dalam dunia sepak bola. Dia berharap edisi tahun ini yang berlangsung di Argentina dapat  menjadi inspirasi yang luar biasa bagi bintang-bintang  sepak bola di masa depan.

"Sejak 1977, turnamen ini menampilkan beberapa pemain terhebat  dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan banyak lainnya," ujar Infantino.

Penunjukkan Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tak urung membuat Timnas Argentina U-20 bakal lolos langsung ke turnamen tersebut. Kabar ini tentunya juga menjadi langkah skuad Albicelestes untuk mengatur strategi lebih baik.

Pasalnya, pada sesi kualifikasi Argentina U-20 sebelumnya tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Namun, setelah mereka menjadi tuan rumah situasi tersebut tentu membuat Argentina bisa kembali bersaing ke turnamen bergengsi di dunia itu.

Menyusul konfirmasi tuan rumah baru, Pengundian Resmi FIFA U-20 World Cup 2023 akan berlangsung pada Jumat (21/4/2023), di markas besar FIFA di Zurich. Bagi Argentina, Piala Dunia U-20 2023 merupakan edisi kedua bagi mereka menjadi tuan rumah. Sebelumnya, negara ini juga pernah menjadi tuan rumah yang sama pada edisi 2001.

Tak hanya itu, momen Piala Dunia U-20 2023 juga akan menjadi momentum buat Timnas Argentina U-20 untuk kembali menjadi juara. Terakhir kali Argentina menjuarai turnamen ini pada 2007. Secara keseluruhan mereka juga sudah enam kali juara Piala U-20, yakni pada edisi 1979, 1995, 1997, 2001, 2005, dan 2007.

Piala Dunia U-20 2023 seharusnya digelar di Indonesia, namun FIFA mencoret status tuan rumah karena kondisi tidak kondusif yang terjadi. Melalui situs resminya, FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023).

Sebelum pengumuman itu terjadi, sebenarnya Indonesia sudah berupaya keras melobi FIFA agar status tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak berpindah. Ketua Umum Erick Thohir bahkan sempat menemui Presiden FIFA Gianni Infantino. Namun, FIFA tetap pada pendiriannya untuk mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Minat Beli Hampers Lebaran Masih Tinggi, Ini Barang Pilihan untuk Bingkisan

BERIKUTNYA

5 Resep Kue Lebaran Anti Mainstream, Unik, Renyah & Lezat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: