Dikenal dengan teksturnya yang legit dan tanpa biji, pisang raja juga memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. (sumber gambar Unsplash/ Chuttersnap)

Bisa Dimakan Langsung hingga Digoreng, Ini 6 Manfaat Pisang Raja yang Jarang Diketahui

28 May 2023   |   08:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Buah merupakan salah satu makanan favorit semua orang dengan kandungan gizi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Buah-buahan juga sarat dengan vitamin, mineral, dan serat makanan yang menjadikannya obat alami serta dapat menambah imun saat dikonsumsi dengan teratur.

Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi adalah pisang. Menurut Spendmatters, lebih dari 100 miliar buah pisang dikonsumsi setiap tahunnya oleh masyarakat dunia. Jumlah ini tak ayal membuat pisang menjadi hasil bumi terpenting nomor empat, setelah gandum, beras, dan jagung.

Baca juga: Jadi Camilan Terenak di Dunia, Begini Cara Membuat Pisang Goreng yang Renyah

Tanaman yang ditengarai berasal dari Asia Tenggara ini juga memiliki ribuan jenis yang tersebar di dunia. Di Indonesia, persebaran pisang sendiri diketahui bermula dari Jawa Barat dan Palembang hingga akhirnya meluas ke berbagai wilayah di Nusantara.

Ada banyak buah pisang di Indonesia yang menjadi favorit masyarakat. Salah satunya tentu pisang raja yang dapat dimakan langsung, direbus, ataupun digoreng sebagai teman ngopi saat nongkrong bersama kerabat. Selain lezat, pisang raja juga termasuk ke dalam kategori buah yang menyehatkan tubuh.

Dikenal dengan teksturnya yang legit dan tanpa biji,  pisang raja juga memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Sebab, buah ini mengandung banyak mineral , vitamin, kalium, riboflavin, niacin, serat, dan protein. Selain itu, pisang raja juga memiliki banyak khasiat untuk berbagai penyakit. 

Dihimpun dari laman Healthline dan Medical News, berikut lima manfaat pisang raja untuk kesehatan dan mengontrol penyakit jika dikonsumsi dengan teratur. 
 

1. Mengontrol  Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, manajemen kontrol glikemik di tubuh sangatlah penting, terutama bagi yang memiliki diabetes tipe 2. Pasalnya kadar gula darah di dalam tubuh penderita diabetes tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi, harus seimbang agar kondisi fisik tetap terjaga.

Mengkonsumsi pisang raja menurut beberapa penelitian juga baik untuk penderita diabetes karena tidak akan membuat kadar gula darah melonjak. Sebab, pisang raja memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga lebih lambat dicerna tubuh dan memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah. 
 

2. Mengurangi Stres Oksidatif

Polifenol dan flavonoid adalah senyawa tumbuhan bermanfaat yang ditemukan dalam pisang raja. Selain itu, pisang raja juga mengandung vitamin C, antioksidan yang dapat mencegah munculnya penyakit akibat radikal bebas.

Mengkonsumsi pisang raja dengan teratur akan membuat tubuh terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Tak hanya itu, kandungan polifenol dan flavonoid juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai risiko penyakit kronis. 
 

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak stabil atau tekanan darah tinggi akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Dikutip Medical News, pisang raja juga memiliki unsur kimia yang disebut kalium atau potasium yang baik untuk fungsi jantung, saraf, dan otot.

Sehingga saat dikonsumsi sesuai kebutuhan, maka dapat membantu membuat aliran darah menjadi lancar. Sebab, saat darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh maka akan dapat mencegah terjadinya penyumbatan darah yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit strok.
1
2


SEBELUMNYA

7 Cara Mudah Merapikan Alis Tebal Tanpa Perlu Dicukur atau Disulam

BERIKUTNYA

5 Fakta Laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina, Siap Semarakkan GBK 19 Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: