Dikenal dengan teksturnya yang legit dan tanpa biji, pisang raja juga memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. (sumber gambar Unsplash/ Chuttersnap)

Bisa Dimakan Langsung hingga Digoreng, Ini 6 Manfaat Pisang Raja yang Jarang Diketahui

28 May 2023   |   08:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Baik untuk Organ Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang penting bagi tubuh, karena jantung berfungsi untuk menyuplai darah sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik bagi tubuh. Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, maka bisa mengkonsumsi pisang raja untuk kebutuhan  sehari-hari.

Terdapat sejumlah potasium yang tinggi di dalam pisang raja yang dapat membantu menjaga sel dan cairan tubuh untuk mengontrol detak jantung, serta tekanan darah. Mineral ini juga berfungsi membentuk otot, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, mengontrol keseimbangan asam-basa tubuh, serta aktivitas listrik di saraf dan jantung. 


5. Bermanfaat untuk Manajemen Berat Badan

Bagi yang ingin meningkatkan kesehatan dan menjaga berat badan, mengubah gaya hidup dan memodifikasi nutrisi adalah salah satu kuncinya. Untuk bisa memaksimalkan keinginan tersebut kamu bisa memakan pisang raja sebagai selingan makanan sehari-hari untuk program diet yang tepat.

Sebab pisang raja dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Peningkatan asupan serat juga membantu mengurangi penambahan berat badan. Selain itu, asupan serat makanan juga dapat mendorong penurunan berat badan dan kepatuhan diet pada orang dewasa yang mengkonsumsi diet yang dibatasi kalori. 
 

6. Menyehatkan Organ Pencernaan

Kandungan serat dalam pisang raja juga membantu menjaga pergerakan usus secara teratur. Sehingga dapat melembutkan tinja dan membuatnya lebih mudah dicerna tubuh serta dapat mengurangi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya di tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat serat makanan yang paling dikenal dan dihargai adalah efeknya pada motilitas usus dan pencegahan sembelit. Serat makanan dalam pisang raja dapat berkontribusi untuk kesehatan pencernaan dan membuat lambung bisa bekerja dengan maksimal.

Pisang raja sangat mudah ditemukan di pasar maupun swalayan. Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan dengan mengonsumsi pisang raja, kalian bisa memakannya secara wajar atau sesuaikan dengan kebutuhan energi harian. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan olahraga secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: Resep Bola Pisang Cokelat Lumer, Camilan Teman Santai di Akhir Pekan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

7 Cara Mudah Merapikan Alis Tebal Tanpa Perlu Dicukur atau Disulam

BERIKUTNYA

5 Fakta Laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina, Siap Semarakkan GBK 19 Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: