Makanan yang mengandung karbohidrat (Sumber foto: freepik)

7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sehat Selain Nasi

11 June 2024   |   12:25 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Karbohidrat memang menjadi salah satu asupan paling dihindari bagi para pejuang diet. Banyak program diet populer yang menyarankan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan karbohidrat dari menu makan mereka untuk membantu menurunkan berat badan secara efektif. 

Namun, faktanya tidak semua karbohidrat itu sama. Dengan mengurangi karbohidrat secara drastis atau menghilangkannya sama sekali, justru akan membuat tubuh kehilangan beberapa manfaat kesehatan yang penting, karena manusia membutuhkan karbohidrat untuk aktivitas berat.

Karbohidrat merupakan sumber tenaga bagi tubuh dan menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Makanan tinggi karbohidrat juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari membantu pencernaan hingga melindungi kesehatan jantung. 

Tak hanya nasi putih, ada juga beberapa makanan yang tinggi kandungan karbohidrat yang cukup menyehatkan, Berikut rekomendasi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat selain nasi. 


1. Quinoa 

Quinoa (Sumber foto: freepik/evening_tao)

Quinoa (Sumber foto: freepik/evening_tao)


Quinoa atau kinoa adalah benih bergizi yang diklasifikasikan sebagai pseudocereal, yaitu biji yang diolah dan dimakan seperti biji-bijian. Dilansir melalui healthline, quinoa yang dimasak mengandung 70 persen karbohidrat sehingga menjadikannya makanan tinggi karbohidrat. Tak hanya itu, quinoa juga merupakan sumber protein dan serat yang baik. 

Quinoa kaya akan banyak mineral dan senyawa tumbuhan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pengelolaan gula darah dan kesehatan jantung. Selain itu, quinoa juga tidak mengandung gluten sehingga menjadi alternatif pengganti gandum bagi yang menjalani diet bebas gluten. 


2. Ubi Jalar

 

Ubi jalar (Sumber foto: freepik)

Ubi jalar (Sumber foto: freepik)


Ubi jalar adalah salah satu makanan yang lezat untuk ditambahkan ke dalam berbagai menu masakan. Satu setengah cangkir (100 gram) ubi jalar yang dihaluskan dan dimasak beserta kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat yang terdiri dari pati, gula, dan serat.

Ubi jalar juga merupakan sumber potasium dan vitamin A, vitamin C, dan potasium. Terlebih lagi, ubi jalar mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya pada sel untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis. 


3. Pisang

 

Pisang (Sumber foto: freepik)

Pisang (Sumber foto: freepik)


Pisang merupakan salah satu buah yang sangat disukai banyak orang. Dilansir melalui Medical News Today, satu buah pisang ukuran sedang mengandung 26,9 g karbohidrat. Sama seperti ubi jalar, pisang juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan potasium.


4. Jagung putih

 

Jagung putih (Sumber foto: freepik)

Jagung putih (Sumber foto: freepik)


Dilansir melalui laman Prevention, jagung adalah sumber serat dan enzim alami. Memakan jagung mentah menjaga keutuhan enzimnya dan membantu mempermudah pencernaan. Selain itu, jagung mengandung vitamin C yang tetap terjaga ketika dikonsumsi mentah. 
 

5. Gandum

 

Gandum (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Gandum (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)


Gandum adalah biji-bijian yang sangat menyehatkan dan merupakan sumber banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Gandum mentah mengandung 70% karbohidrat. Selain itu, gandum juga mengandung lebih banyak protein dibandingkan kebanyakan biji-bijian.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gandum dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah terutama pada penderita diabetes tipe 2, dan mengelola berat badan yang sehat.


6. Apel

 

Apel (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Apel (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)


Apel terkenal dengan rasanya yang manis, asam, dan teksturnya yang renyah serta mengandung sekitar 14 hingga 16 gram karbohidrat per 100 gram. Meskipun apel mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi biasanya hanya dalam jumlah kecil. Namun, apel merupakan sumber vitamin C, antioksidan, dan serat yang baik. 


7. Blueberry

 

Blueberry (Sumber foto: freepik/wirestock)

Blueberry (Sumber foto: freepik/wirestock)


Blueberry merupakan buah yang sehat karena kaya akan kandungan antioksidan yang sebagian besar terdiri dari air serta sekitar 14,5 gram karbohidrat per 100 gram. Blueberry juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, dan mangan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Manfaat Tidur Siang Bikin Daya Ingat Oke dan Jantung Sehat

BERIKUTNYA

Apple Rilis Sistem Operasi macOS Sequoia dengan 6 Fitur Baru Lebih Canggih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: