Ilustrasi menjaga kesehatan mata (Sumber gambar: Freepik)

5 Buah Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Mata, Mana Pilihanmu?

17 October 2022   |   18:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat mengurangi seseorang mengalami masalah kesehatan mata. Selain dengan olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi, rutin makan buah-buahan juga dapat menjadi peran kunci untuk meningkatkan kesehatan mata.

Mata sebagai organ penglihatan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Memiliki mata yang sehat membuat kita bisa menjalankan kehidupan sehari-harinya dengan baik. Sebaliknya, jika mata mengalami gangguan, produktivitas dapat terganggu.

Ada banyak cara untuk menjaga mata tetap sehat. Mengurangi paparan cahaya dari alat elektronik, seperti gawai maupun laptop, dapat membantu mata tetap berfungsi dengan baik. Meski tidak dapat dihindari sepenuhnya, setidaknya penggunaanya tidak dilakukan dalam waktu sangat lama dan sesekali mesti diselingi dengan istirahat mata.
 
Selain dari kebiasaan, kesehatan mata juga dapat dijaga dari dalam tubuh. Konsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan dan vitamin sangat ampuh menjaga mata tetap sehat. Lantas apa saja buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata? Simak ulasan berikut ini. 

Baca jugaKenali Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Penglihatan Mata
 

1. Citrus

Jenis buah-buahan citrus, seperti jeruk, lemon, jeruk bali, limau, dan lain sebagainya telah diketahui sangat kaya akan vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh membentuk dan memelihara jaringan ikat, termasuk kolagen yang ditemukan di kornea mata.

Vitamin C juga mendukung kesehatan pembuluh darah di mata. Oleh karena itu, konsumsi yang rutin dapat membantu mengurangi masalah penglihatan yang terkait dengan usia, seperti katarak. Jeruk juga buah yang kandungan airnya cukup banyak sehingga bisa ikut membantu kelembapan mata. 
 

2. Pisang

Siapa sangka, pisang juga menjadi buah yang mengandung banyak manfaat untuk mata. Kandungan vitamin A dapat menjaga penglihatan tetap normal dan melindungi mata. Vitamin A yang terkandung pada buah ini juga berfungsi untuk melindungi kornea. Selain itu, buah yang identik dengan warna kuning ini juga memiliki banyak vitamin lain, seperti vitamin B1, B2, B6, dan C.
 

3. Beri

Buah dalam kategori beri, seperti stroberi, beri hitam, dan beri biru, adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral bergizi yang dibutuhkan organ tersebut. Antioksidan di dalamnya juga membantu mencegah mata kering, cacat penglihatan, dan degenerasi makula.

Jenis buah ini juga mengandung anti-inflamasi yang dapat menyehatkan pembuluh darah yang ada pada bagian mata. Selain itu, kandungan lutein yang terdapat pada beri hitam juga mampu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. 
 

4. Alpukat

Kandungan zeaxanhtin juga banyak ditemukan di buah alpukat. Hal itu membuat buah berwarna hijau ini juga dapat menjadi alternatif untuk membantu menyehatkan mata. Selain itu, karatenoid yang ada di alpukat adalah lutein. Zat tersebut dapat menjadi antioksidan dan membantu melindungi berbagai penyakit mata. 
 

5. Mangga

Mangga juga merupakan salah satu buah yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Kandungan lutein, antioksidan, dan zeaxanthin sangat baik untuk organ pengelihatan tersebut. Selain itu, buah yang identik dengan warna oranye ini juga banyak mengandung vitamin A, B1, C, dan E.

Buah ini juga mengandung banyak vitamin A, yang penting agar mata tidak kering dan buram. Selain itu, vitamin A juga bisa melindungi mata dari bakteri dan infeksi. Jadi, buah yang sangat mudah ditemukan di pasaran ini memang cocok untuk membantu menjaga kesehatan mata kita.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mata Buram? Yuk Kenali 3 Jenis Pengobatan Kelainan Refraksi Mata

BERIKUTNYA

Mengintip 5 Jenis Sup yang Populer di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: