Ilustrasi olahan pisang (Dok. Eiliv Sonas Aceron/Unsplash)

Dijamin Enak! Ini 7 Ide Olahan Pisang yang Cocok untuk Jualan

14 January 2022   |   12:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype ingin memulai usaha kuliner? Genhype bisa mencoba aneka olahan pisang sebagai pilihan camilan. Pisang merupakan salah satu bahan yang sering diolah menjadi camilan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Supaya menarik pembeli, tentunya kamu harus menghadirkan menu olahan pisang yang unik dan enak. Tak perlu bingung, berikut 7 rekomendasi aneka olahan pisang untuk ide jualan dari Go Biz.


1. Pisang Goreng Keju


Pisang memang paling sering diolah dengan cara digoreng. Meskipun rasanya familiar, bukan berarti kamu hanya menyajikan pisang goreng. Cobalah membuat pisang goreng dengan gaya kekinian, misalnya dengan dicampur keju, keju cheddar atau mozarella.

Parutan keju cheddar bisa dijadikan topping setelah pisang gorengnya matang, sedangkan keju mozarella bisa dipotong dan diselipkan ke dalam pisang. Saat digoreng, keju akan meleleh dan rasanya akan nikmat.


2. Banana pom-pom


Ada cara baru membuat aneka olahan pisang yang unik dan menarik perhatian, yakni dijadikan banana pom-pom. Seperti namanya, bentuk banana pom-pom ini bulat-bulat kecil yang bisa dimakan dalam sekali suapan.

Daya tarik banana pom-pom terletak pada lapisan tepung panir yang membuatnya menjadi garing dan renyah. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa memberi topping manis seperti selai coklat, kental manis, dan keju.
 

Dok. Raja Pisang Nugget

Dok. Raja Pisang Nugget


3. Pisang nugget


Siapa yang tak kenal dengan pisang nugget? Mulai populer pada 2017, salah satu camilan olahan pisang ini tetap jadi favorit banyak orang. Tekstur pisangnya yang lembut ditambah dengan lapisan tepung panir di luarnya membuatnya jadi super krispi.

Anda bisa menyajikannya dengan topping manis seperti saus coklat dan keju, selai coklat dengan oreo crumble, bahkan dengan es krim vanila. Tak ada salahnya menambahkan pisang nugget ini ke dalam ide jualan kamu.

(Baca juga: 10 Ide Bisnis Kuliner yang Diprediksi Akan Cuan pada 2022)


4. Pisang aroma


Pisang aroma adalah pisang yang digulung bersama kulit lumpia lalu digoreng. Saat matang, kulit lumpianya akan sangat garing. Apalagi kalau pisang aroma diisi dengan meses coklat atau keju, pasti terasa semakin nikmat.

Supaya renyah, kamu bisa menambahkan gula pasir setelah pisang aroma diangkat dari penggorengan. Gula yang terkaramelisasi ini akan mengawetkan kerenyahan pisang aroma yang kamu buat.
 

Dok. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Dok. Pisang Goreng Madu Bu Nanik


5. Roti pisang banjar


Tanpa mixer dan oven, kamu bisa membuat roti dari olahan pisang, yakni roti pisang banjar. Kamu hanya cukup membuat adonan dengan margarin, pisang, gula pasir, garam, santan, dan telur, kemudian memasaknya pada teflon atau wajan anti lengket. Rasa manis khas pisang dipadu dengan santan akan membuat pelanggan ketagihan.

Untuk variasi, kamu bisa menambahkan kismis atau potongan kelapa muda dalam adonannya. Rasanya pasti semakin nikmat dan tentunya semakin banyak variasi roti pisang banjar yang disukai pembeli. 


6. Pancake pisang


Jika ingin membuat aneka olahan pisang yang kekinian untuk jualan, pancake pisang wajib masuk daftar jualan. Cara membuatnya, piisang bisa kamu haluskan terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam adonan pancake.

Jika ingin membuat pancake fluffy seperti yang disajikan di kafe-kafe Jepang, putih telurnya harus dikocok terpisah sampai mengembang.

Setelah itu, aduk bersama adonan tepung, kuning telur, pisang yang dihaluskan, gula pasir, garam, susu, dan tepung terigu.

Jika sudah, dengan menggunakan sendok sayur, tuangkan adonan ke atas teflon. Pakai api kecil untuk memasaknya agar pancake pisang matang merata dan tidak cepat gosong.
 

7. Pisang karamel


Untuk olahan pisang satu ini, kamu bisa menggunakan pisang yang teksturnya masih agak keras. Jika menggunakan pisang yang terlalu matang, maka akan mudah hancur saat dimasak dan rasanya juga akan terlalu manis.

Pastikan kamu juga memasak karamel secara hati-hati agar tidak gosong karena akan menimbulkan rasa pahit yang kurang enak.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Studi Terbaru: Infeksi Covid-19 Tingkatkan Risiko Bayi Lahir Prematur

BERIKUTNYA

4 Tren Serangan Siber 2022 yang Perlu Diwaspadai Versi Kaspersky 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: