Ilustrasi warung makan. (Sumber foto: Unsplash/Falaq Lazuardi)

Catat 6 Bahaya Sering Telat Makan, Awas Dampaknya Bisa Kena Mental

23 May 2023   |   08:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Produktivitas Menurun

Makanan adalah sumber energi tubuh untuk melakukan aktivitas. Energi didapatkan dari makanan melalui sistem metabolisme dengan mencerna kandungan makanan dan mengubahnya menjadi energi untuk dialirkan keseluruh tubuh. 
 
Virly menuturkan, ketika kebutuhan energi berkurang karena terlalu sering telat makan, maka hal yang akan terjadi yaitu tubuh akan kekurangan energi begitu pula produktivitas. Hal yang dapat timbul dari kekurangan energi yaitu tubuh akan mengirim sinyal untuk kamu segera beristirahat dengan membuat kamu mengantuk. 
 
Selain itu, tubuh juga akan lebih mudah untuk merasa lemas, sehingga menurunkan kemampuan kamu untuk konsentrasi, bergerak, maupun berpikir. Sudah tau kan alasan kamu sering mengantuk bahkan baru sampai di kantor?
 

4. Kacaukan Program Diet

Asumsi yang menyatakan bahwa semakin sedikit mengonsumsi makanan, maka semakin cepat berat badan tubuh akan turun merupakan mitos. Program diet dirancang untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal sesuai dengan proporsi tubuh seseorang.
 
Virly menegaskan jika kamu mengurangi asupan makanan terlalu banyak, hal ini justru hanya akan meningkatkan rasa lapar. Karena dalam keadaan lapar, tubuh akan membutuhkan asupan kalori atau lemak yang lebih, sehingga risikonya, kamu justru malah makan dengan porsi lebih banyak menjadi lebih tinggi, berakhir menggagalkan program diet kamu.

Baca juga: Sering Gagal Diet? Begini Tip Konsisten dari Dokter Gizi
 

5. Menurunkan Imun Tubuh

Sering telat makan juga dapat menurunkan imun tubuh dan meningkatkan risiko kamu untuk lebih gampang terkena penyakit. Ini dikarenakan imun tubuh yang kuat terbentuk dari zat dan nutrisi makanan yang kamu makan.
 
Virly menerangkan sering telat makan akan membuat kamu kekurangan nutrisi dan gizi sehingga imun tubuh menjadi lebih lemah untuk melawan penyakit. Kamj juga mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dari sebuah penyakit.
 
"Sering telat makan juga diketahui meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit kronis seperti diabetes," imbuhnya.
 

6. Potensi Insomnia dan Masalah Kesehatan Mental

Dampak terakhir dari sering telat makan yaitu mengganggu kesehatan mental. Rasa sakit pada perut yang dihasilkan oleh telat makan bisa saja menyebabkan kamu untuk terkena insomnia dan membuat kamj kesulitan untuk tidur.
 
"Insomnia diketahui sebagai salah satu alasan kuat dari penyebab masalah kesehatan mental seperti stres dan depresi," tegasnya.
 
Jangan telat makan lagi ya, Genhype!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Tengok Gaya Berkebaya Raline Shah di Cannes Film Festival 2023

BERIKUTNYA

Resep Seblak Coet Viral Ala Rafael SMASH, Pedas Kenyal Bikin Nagih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: