Ilustrasi warung makan. (Sumber foto: Unsplash/Falaq Lazuardi)

Catat 6 Bahaya Sering Telat Makan, Awas Dampaknya Bisa Kena Mental

23 May 2023   |   08:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Aktivitas yang padat jadi keseharian dan alasan bagi warga ibu kota untuk melewatkan jam makan. Terburu-buru berangkat ke kantor atau ke sekolah karena takut terjebak macet dan terlambat tampaknya menjadi gambaran yang lumrah tapi bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Tidak hanya kesibukan, terkadang diet yang ketat juga sering membuat orang untuk sering melewatkan jadwal makan. Meski sudah sering dianggap normal, terlalu sering telat makan sebenarnya memiliki dampak yang lebih besar dari pada yang kamu duga. 

Baca juga: Hindari 9 Hal Ini untuk Mencegah Asam Lambung Kambuh

Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD dr. Virly Nanda Muzellina, mengatakan makanan memiliki peran penting dalam memberikan asupan energi dan menjaga organ tubuh untuk bisa bekerja dengan baik. Jika terlalu sering telat makan, kebutuhan energi yang kamu dapatkan bisa saja menurun sehingga berdampak pada kesehatan tubuh.

Bahkan, hal ini bisa saja memicu suatu penyakit yang serius loh. Apa saja dampak bahaya dari terlalu sering telat makan? Simak ulasannya berikut ini yuk!
 

1. Picu Penyakit Asam Lambung

Ini bukan mitos. Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki peran penting dalam tubuh. Organ ini memiliki tugas untuk mencerna makanan dengan enzim serta asam sehingga makanan hancur dan bisa dicerna dengan baik oleh usus halus. 

Lambung adalah organ yang selalu bekerja bahkan ketika kamu sedang beristirahat, sehingga meski dalam keadaan kosong lambung akan terus mengeluarkan cairan asam. Nah, jika lambung terlalu lama dibiarkan kosong, ini dapat memicu luka karena menipisnya lapisan mukus lambung akibat paparan asam lambung. 

Apabila sudah terluka dan diperparah oleh asam lambung yang terus diproduksi, ini bisa menyebabkan ada penyakit lambung.

"Jika sudah terkena penyakit asam lambung, perut akan terasa sakit dan tubuh akan merasakan mual," sebut Virly dalam keterangannya dikutip Hypeabis.id, Selasa (23/5/2023).


2. Ganggu Sistem Metabolisme

Sistem metabolisme adalah sistem yang bertugas untuk mengubah makanan yang  dikonsumsi menjadi energi. Seperti lambung, sistem ini merupakan salah satu sistem dalam tubuh yang selalu bekerja meski dalam keadaan tidur. 

Maka dari itu, ketika tubuh tidak mendapatkan asupan makan untuk dicerna, sistem metabolisme akan membaca situasi tersebut sebagai masa darurat dan memulai menghemat pembakaran kalori untuk penghematan. Hal ini dapat mengganggu sistem kerja dari metabolisme kamu karena jika jika terlalu sering dilakukan, maka tubuh akan mulai terbiasa dengan proses metabolisme yang lambat.

"Ketika metabolisme mulai melambat, tubuh akan lebih sedikit untuk mendapatkan energi, sehingga tubuh kamu juga akan mudah untuk lelah," jelas Virly.
1
2


SEBELUMNYA

Tengok Gaya Berkebaya Raline Shah di Cannes Film Festival 2023

BERIKUTNYA

Resep Seblak Coet Viral Ala Rafael SMASH, Pedas Kenyal Bikin Nagih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: