Ilustrasi kambing di peternakan (Sumber gambar: Pexels)

Dahsyat, Ini 7 Manfaat Tak Terduga dari Menyantap Daging Kambing

20 July 2021   |   16:37 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Iduladha salah satunya diperingati dengan pemotongan hewan kurban, di antaranya adalah kambing. Daging hewan pemakan rumput ini ternyata memberi manfaat kesehatan, bukan hanya dicap sebagai pemicu kolestrol atau darah tinggi saja. 

Jadi, jangan takut ya buat makan daging kambing. Akan tetapi, perlu diingat bahwa menyantap daging yang satu ini harus sesuai porsinya karena makan yang berlebihan pastinya tidak baik bagi tubuh. Buat Genhype yang penasaran, simak tujuh manfaat daging kambing di bawah ini:

 

Ilustrasi (Dok Nadim/Pexels)

Ilustrasi (Dok Nadim/Pexels)

 

1. Rendah Lemak

Daging kambing lebih rendah lemah dibandingkan daging sapi atau domba. Untuk setiap 85 gram porsi daging kambing, ada sekitar 122 kalori dan hanya 2,6 gram lemak. Sementara itu, daging sapi dengan ukuran sama mengandung 245 kalori dan 16 gram lemak.

Baca jugaGenhype, Ini Loh Rahasianya Supaya Olahan Kambing Enggak Bau Prengus


2. Rendah Kolesterol

Selain rendah lemak, daging kambing juga rendah kolesterol. Faktanya, dari ayam, domba dan sapi, kambing memiliki jumlah kolesterol paling rendah. Untuk setiap 85 gram daging kambing, ada sekitar 63 miligram kolesterol. 

Di sisi lain, daging sapi memiliki sekitar 73 miligram kolesterol, sedangkan jika dibandingkan dengan daging hewani lainnya, seperti daging ayam misalnya, daging unggas ini mengandung 76 miligram kolesterol per 85 gram porsi. 


3. Tinggi Protein

Adapun dari sisi protein, Kambing menawarkan sekitar 23 gram protein per 85 gram porsi. Seperti banyak jenis daging merah lainnya, daging kambing merupakan sumber protein yang kaya dan dapat membantu menjaga kesehatan otot. Profil asam amino esensialnya juga tak kalah dengan ayam dan sapi.

Semua ini berarti bahwa kambing adalah daging tanpa lemak yang menyediakan semua asam amino esensial tanpa menambahkan kalori yang tidak perlu.


4. Kaya Kalsium & Kalium

Daging kambing juga kaya akan kalsium dan potasium. Untuk setiap 100 gram daging kambing, ada sekitar 385 mg potasium. Untuk jumlah daging sapi yang sama, mengandung sekitar 316 mg potasium, sedangkan daging ayam hanya memiliki 223 mg.

Kalium, tentu saja bagus untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Ini membantu mengatur keseimbangan cairan dan merupakan salah satu mineral terpenting bagi sistem saraf tubuh.

 
1
2


SEBELUMNYA

Ini Dia 5 Makanan Peningkat Imunitas bagi si Kecil

BERIKUTNYA

Menelusuri Keindahan Panorama di Desa Wisata Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: